Chicken Donburi Style

Dari tumpukan koleksi buku resep, salah satu buku yang paling favorit, dan paling kucel karena sering nongkrong di dapur, adalah "Japanese Cooking" tulisan Shunsuke Fukushima. Resep-resepnya praktis dan petunjuknya detail, jadi selalu sukses hasilnya.

Resep di bawah ini adalah salah satu resep yang diadaptasi dari buku ini. Resep aslinya Pork Donburi, tapi pakai ayam lebih enak kok (sok tahu, padahal belum pernah nyicipin versi pork-nya, hihihi...) Dijamin praktis banget, kurang lebih setengah jam beres, dan hasilnya yummyyyy..!. Cocok buat rempong sebentar pulang kantor. Resep ini pas buat dua porsi, jadi bisa dibagi sama Mr.Sugar yang sekarang tiap hari terpaksa makan asia, hahaha...


Chicken Donburi Style

Bahan:

Saus Donburi:
1 gelas air
5 sdm kecap asin
5 sdm mirin
1 sdt instant dashi
1/2 sdt gula

Katsudon ayam (disederhanakan):
2 fillet ayam, sekitar 100 g per fillet, dipotong memanjang
2 bawang putih diulek/parut atau bawang putih bubuk
Sedikit garam
Merica bubuk
1 butir telur dikocok
Tepung terigu
Tepung panir (panko)

1/2 bawang bombay
2 butir telur
daun bawang diiris tipis
2 mangkuk nasi putih

Cara membuat:

1-  Remas-remas ayam dengan bawang putih, garam, merica. Lumuri dengan telur kocok, gulingkan ke tepung terigu, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga masak.
Supaya nggak perlu pakai terlalu banyak minyak tapi cepat masak, potong ayam tipis. Dengan begini, cukup pakai sedikit minyak saja ayam sudah cepat masak.

2- Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga layu, lalu tambahkan saus donburi. Biarkan hingga mendidih, sekitar 5 menit.

3- Kecilkan api lalu pecahkan telur dalam saus donburi, kemudian masak sesuai selera (saya sih sukanya mateng banget, tapi resep aslinya setengah matang). Tutup panci dan cek sekali-sekali supaya tidak gosong.

4- Cara menyajikan: Sajikan nasi hangat di mangkuk, lalu taburi dengan potongan katsudon ayam. Siramkan kuah donburi dengan telur di atasnya, taburi dengan daun bawang.



No comments