Puding Kelapa Muda


Puding ini bikinnya gampang, udah gitu tampangnya seksi lagi. Pokoknya cocok buat acara makan-makan dan hiasan meja, hehehe. Cuma bikinnya musti sabar dikit, tapi sambil ditinggal masak yang laen-laen juga bisa kok....

Puding Kelapa Muda

Bahan:
Kelapa muda yang lembut dari 1 kelapa, dikeruk
Agar bening:
1 bungkus agar-agar bubuk warna merah/ hijau/ biru (ada yah??)
200 g gula pasir
Air 300 mL
Agar santan:
1 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna
200 g gula pasir
Santan 300 mL

Cara membuat:
1. Untuk memastikan cetakannya muat, ukur dulu volume cetakan. Kalau volume cetakan 700 mL, berarti agar bening dan santan masing-masing diubah menjadi 350 mL plus tambah gula dikit. 1 bungkus agar-agar kualitas baik (Swallow brand, maaf bukan mau promosi tapi memang yg paling mantap), bisa dibuat 500 mL agar-agar yang bagus.

2. Campur semua bahan agar bening, masak dengan api kecil sampai mendidih. Tuang beberapa sendok di dasar cetakan, lalu atur kelapa muda di dasar cetakan. Tunggu sampai agak mengental, lalu tuangkan agar bening sekitar 100 mL (tujuannya supaya kelapa muda tertata cantik di dasar cetakan nggak ngambang)

3. Campur semua bahan agar santan, masak dengan api kecil sampai mendidih. Perhatikan agar bening di dalam cetakan, kalau permukaan sudah membentuk "kulit", bisa mulai menuangkan sekitar 200 mL agar santan sedikit demi sedikit. Jangan menunggu agar being mengeras, nanti hasil akhirnya tidak akan menyatu!

4. Tunggu sampai lapisan kedua tadi membentuk kulit, lalu tata kelapa muda dan tuangkan 100 mL agar bening sedikit demi sedikit.

5. Lanjutkan dengan lapisan selanjutnya, 100 mL agar santan, 100 mL agar bening dan kelapa muda... sampai habis. Yang sabar ya.... jangan ditungguin sambil diliatin, sambil masak yang lain kek..

TIPS penting:-Ketika menuangkan lapisan berikutnya, jangan menunggu lapisan agar sebelumnya mengeras, karena nanti hasil akhirnya tidak akan menyatu dan berpisah-pisah (sudah disebut tadi ya? tapi penting banget nih!)
- ketika menuangkan lapisan berikutnya, tuangkan sesendok demi sesendok dengan pelan jangan dituang langsung dari panci. Bisa hancur nanti....
- kalau agar di panci sudah mengeras sebelum dituang ke cetakan, jangan panik... hangatkan sebentar pasti cair.

No comments