Chocolate Mousse a.k.a Mousse au Chocolat (tanpa telur)

Anak-anak saya paling suka chocolate mousse (alias mousse au chocolat dalam bahasa prancis), puding klasik coklat lembut yang populer banget sebagai dessert di Perancis. Cuma, saya suka serem karena resep aslinya menggunakan telur mentah, nggak dimasak cuma dicampur dengan coklat cair suam-suam kuku. Walaupun rasanya belum pernah denger ada orang keracunan mousse au chocolat, mendingan saya bikin resep yang nggak pakai telur aja deh. Dan, anak-anak nggak curiga, tetap aja katanya enak.


Mousse au Chocolat 

(4-6 porsi)


Bahan:

300 g dark chocolate (kandung coklat >70%)

150 mL susu full cream 

300 mL cream (dingin)

50 gr gula


Cara membuat:

1- Potong-potong cokelat, lalu letakkan di mangkuk besar. Cairkan di microwave selama 30-60 detik, lalu aduk hingga rata. Jika tidak punya microwave, bisa juga di-tim.

2- Panaskan susu (jangan sampai mendidih), lalu campur dengan coklat cair dan gula. Aduk hingga rata. 

3- Tambahkan cream dingin, aduk rata. Dinginkan campuran ini di lemari pendingin minimum 1 jam.

4- Setelah campuran dingin sekali, kocok dengan kecepatan tinggi hingga mulai kaku atau terbentuk "soft peaks". Artinya, krim sudah mulai kaku tapi kalau mangkok dibalik masih mengalir. Langsung pindah ke kecepatan rendah dan perhatikan baik-baik, sampai terbentuk "hard peaks", artinya kalau mangkok dibalik sudah tidak mengalir lagi. Karena proses dari "soft peak" ke "hard peak" ini cepat, harus selalu diperhatikan. Kalau kelewat mengocok, krim-nya bubar dan jadi mentega coklat deh.

5- Udah deh beres! Hidangkan krim di gelas-gelas menggunakan spuit supaya cantik.

No comments