Selai Kaya a la Makassar

Dulu waktu orang tua saya ditugaskan di Makassar, saya sering dioleh-olehi selai kaya khas Makassar. Kaya-nya merk lokal, rasanya gurih, manis, dan sedap banget. Jauh banget lebih enak lah kalau dibandingkan selai kaya yang dijual di supermarket pada umumnya.

Nah, kemarin pas lagi hamil muda, saya mendadak pengen banget makan kaya a la Makassar ini. Apa daya, nggak mungkin lah ada di sini. Setelah mencoba bikin sendiri dengan berbagai resep, akhirnya ketemu deh resep yang paling mirip dengan kaya a la Makassar yang ngangenin itu. Dijamin, lebih enak dari selai kaya komersial di supermarket deh. Resep ini juga nggak memakai terlalu banyak telur, jadi buat yang ngeri kolesterolnya naik, oke lahhh...

Resep ini jadinya cuma satu stoples kecil, kalau di rumah sebentar juga habis. Jadi kalau mau bikin banyak sekalian, kalikan jumlah bahannya. Cuma ingat, selai ini tanpa pengawet, paling banter cuma tahan seminggu di kulkas.

Selamat mencoba yah!


Selai Kaya a la Makassar

Bahan:
Santan 400 mL (jika segar, kental) atau 500 mL jika instan
Gula merah diserut 150 gr
Gula pasir 2 sdm
Kuning telur 2 buah
Terigu 2 sdm (boleh tambah 1sdm lagi jika suka selai yang kental)
Mentega 2 sdm
Pandan
Sejimpit garam

Cara membuat:
1- Campur separuh santan dengan gula merah, panaskan hingga gula larut. Jika gula merah banyak ampasnya, saring.
2- Campur sisa santan dengan bahan lain kecuali mentega, campur rata hingga halus
3- Campurkan dengan santan bergula merah, masak dengan api kecil hingga mengental dan meletup-letup. Cicipi, tambahkan gula jika terasa kurang manis.
4- Matikan api dan masukkan mentega, aduk hingga rata. Siap digunakan.


No comments