Pasta Arrabiata

Pasta Arrabiata ini salah satu favorit saya. Bikinnya cepat dan praktis, bahannya sederhana, tapi fresh dan enak banget. Pasta Arrabbiata biasanya dibuat spicy dengan menambahkan cabai bubuk (atau segar). Kata "arrabiata" artinya marah dalam bahasa Itali, makanya pastanya pedas.

Biasanya, pasta klasik yang dipilih adalah penne, karena bentuknya yang bolong di tengah menyebabkan saus arrabbiata lebih menempel. Foto di bawah ini, saya pakai pasta yang disebut conchiglie, karena pas nggak punya penne. Tapi pasta yang lain seperti spaghetti juga bisa dipakai.

Untuk ukuran pasta: biasanya 200 gram pasta kering cukup untuk dua orang. Sedangkan untuk proteinnya bisa pakai udang, seafood, atau malah cukup pakai taburan keju aja udah enak banget!



Pasta Arrabiata
(untuk 2 porsi)

Bahan:
180 gr pasta (atau lebih sesuai level rasa lapar)
400gr tomat kalengan (pilih brand Mutti, kalau ada) atau tomat merah segar
2 bawang putih dicincang
1/2 bawang bombay besar dicincang
1 sdm (beberapa lembar) daun basil dipotong kecil
2 sdm daun parsley dipotong kecil
Gula pasir 1 sdt
Cabai bubuk atau cabai merah segar sesuai selera
Extra virgin olive oil
Merica hitam bubuk
Udang  atau seafood 50 gr (jika suka)
Keju parmigiano-reggiano/parmesan untuk taburan

Cara membuat:
1- Rebus air untuk merebus pasta, tambahkan garam hingga air terasa asin . Setelah mendidih, masak pasta sesuai petunjuk kemasan. Setelah masak, tiriskan. Simpan satu gelas air rebusan pasta.
2- Tumis udang/ sea food dengan sedikit olive oil, sedikit bawang dan merica hitam. Jangan memasak terlalu lama supaya tidak alot. Sisihkan.
3- Saus arrabiata: Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan extra virgin olive oil sampai layu dan keemasan, lalu tambahkan tomat, cabai, gula, dan merica. Masak dengan api kecil selama 15 menit sampai sedikit mengental.
4- Tambahkan pasta, udang, basil segar dan parsley, aduk hingga merata. Tambahkan air rebusan pasta supaya saus sedikit encer dan menyatu dengan pasta.
5- Hidangkan dengan taburan keju parmigiano-reggiano/ parmesan.

No comments