Ayam Bakar Taliwang


Ayam bakar ini hasil nyontek resep di salah satu primbon masakan koleksi saya. Kata temen-temen sih enak banget (kalau menurut saya enak juga, cuma biasanya apa-apa enak buat saya jadi nggak obyektif)

Kuncinya adalah "marinade" alias merendam ayam dengan bumbu. Semakin lama marinade, makin meresap bumbunya, kalau perlu semalam di kulkas. Selain itu, kunci marinade yang baik adalah mengandung minyak dan jeruk, yang konon supaya hasil bakaran empuk dan juicy. Pilih ayam kampung yang muda, kalau bisa terlibat dalam pemilihan si kandidat sembelihan, hehehe.

Ayam Taliwang

Bahan:
1 ekor ayam kampung muda, sedang, potong 6

Bumbu:
1 buah jeruk nipis ambil airnya
1 sdm kecap manis
3 sdm minyak goreng/ kelapa

Bumbu halus:
7 butir bawang merah
3 butir bawang putih
5 cabai merah, tambah cabai rawit juga boleh; sesuai selera
1 ruas kencur
1 sdt terasi
1 buah tomat
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Haluskan bumbu, lalu tambahkan air jeruk, kecap, dan minyak. Aduk rata.
2. Campur ayam dengan bumbu. Marinade selama minimum 1 jam.
3. Bakar ayam sampai masak sambil diolesi sisa bumbu.

Saya nggak pakai arang tapi pakai electric griller (praktis bo); kalau pakai griller, jangan lupa dialasi daun pisang supaya tidak lengket.

1 comment

Widia Etna said...

Hebat euy, Chandra.
Ternyata pinter masak. Kenapa tidak dari dulu 'kucuri' ilmunya ya? Lha sampe sekarang aku masih gagap memasak juga tuh....