Seafood Paella


Habis jalan-jalan dari Spain, selain terkesan dengan negaranya yang sangat indah, juga terbayang-bayang dengan makanannya yang enak buanget. Salah satunya yang bikin saya craving siang dan malam adalah : Seafood Paella. Nasi yang dimasak dengan seafood, ditumis dengan olive oil dan dibumbui saffron. Aaaaaa.......
Resep ini saya dapat dari seorang teman yang jago masak Paella. Bikinnya lumayan gampang, dan so far terbukti jauh lebih enak ketimbang Seafood Paella yang dijual di beberapa restaurant Jakarta (menurut saya dan teman-teman; masak sendiri ya dipuji sendiri lah yaaaaa..)

versi dengan kerang

Seafood Paella
(untuk 4 porsi)

Bahan:
2 cangkir nasi arborio/ bomba (kalau kepepet nggak ada, pakai beras biasa atau beras Jepang aja)
1/2 ekor ayam kampung, potong-potong
250 gr udang, kupas sisakan ekornya (jangan buang kulitnya)
250 gr cumi, bersihkan dan potong-potong serupa cincin
250 gr kerang hijau atau scallop, bersihkan
100 gr kacang polong hijau (frozen)
1/2 cangkir peterseli, potong halus
1 buah paprika merah, diiris memanjang
Beberapa lembar daging asap, potong-potong

Sofrito:
1 bawang bombay, cincang
5 siung bawang putih, cincang
2 buah tomat merah, cincang
2 sdm tomato paste

Bumbu:
1 pinch saffron (alias satu cubit... dikiiiit banget)
garam
8 sdm olive oil (extra virgin) - lebih juga boleh. Can't never have too much!


Cara membuat:
1- Buatlah kaldu dari tulang ayam dengan 4 gelas air. Masukkan kulit udang ke dalam kaldu ayam, lanjutkan masak dengan api kecil.Tambahkan air jika perlu. Masak selama mungkin; makin lama makin gurih. Selanjutnya saring dan sisihkan.
2- Siapkan penggorengan berdasar rata dan tebal (pan), diameter 30 cm.  Panaskan olive oil secukupnya, jangan sampai berasap karena olive oil tidak tahan temperatur tinggi. Pada waktu menumis, tambahkan olive oil jika perlu.
3- Tumis daging asap sebentar, sampai keluar lemaknya dan agak coklat. Sisihkan.
4- Tumis ayam sebentar, balik hingga dua sisinya kecoklatan. Sisihkan.
5- Tumis sofrito (kecuali tomato paste), sampai benar-benar masak dan hampir kecoklatan. Tambahkan tomato paste, terus tumis.
6- Tambahkan sayuran, lanjutkan menumis. Sisihkan sebentar, tumis saffron (jangan lupa dipelintir dulu dengan jari supaya keluar minyaknya).
versi dengan scallop
7- Masukkan nasi, lanjutkan menumis dan mencampur nasi dengan sofrito dengan sayuran, hingga sebagian nasi agak kecoklatan. Tambahkan cumi.
8- Tambahkan kaldu dan garam; jika perlu tambahkan air. Berapa banyak air yang diperlukan? Yang penting sekitar 1/2 cm menutup nasi. Kecilkan api.
9- Jika kaldu hampir terserap semua, kecilkan api hingga seperti api lilin. Tutup. 
10-Biarkan masak selama 20-30 menit. Sekitar 10 menit sebelum masak, tata udang dan kerang/ scallop di atas nasi (karena kalau dimasak terlalu lama akan liat).
11- Setelah masak, biarkan 20 menit. Kalau bagian bawahnya ada kerak, justru bagian ini yang paling enak dan jadi favorit!
12- Taraaaaaaaaaa... jadilah Seafood Paella alias Paella de Marisco!

Catatan: semua bahan bisa didapat di Ranch Market atau toko grocery internasional lain. Untuk Saffron memang agak susah, musti sabar nyarinya (saya beli pas lagi di Perancis, jadi mungkin bisa nitip teman yang kebetulan traveling ke Eropa). Bisakah nggak pakai saffron? Kayaknya sih bisa aja, tapi nggak afdol banget, karena ciri khas paella adalah saffron dan olive oil.



2 comments

Unknown said...

Safron itu apa mba?

The Curious Traveler said...

Safron itu bumbu khas mediterania, dibuat dari putik bunga yang dikeringkan. Saffron yang bagus konon hampir sama nilainya dengan emas, makanya pakainya cuma sedikiiiit aja :)