Spaghetti Bolognese

Siapa yang nggak suka Spaghetti Bolognese sih? Yang satu ini favorit bangetnya Mr.Sugar. Kalo udah masak ini, makannya ngamuk, sampe perutnya buncit, terus baru nyesel deh...
Nah sebenernya bikin Spaghetti Bolognese tuh nggak susah-susah amat lho. Menurut saya kunci enaknya adalah "ragu"-nya dimasak yang lama. Makin lama makin mantap. Karena itu, lebih baik bikin bumbu ragu sehari sebelumnya, karena tahan di kulkas sampai 3 hari-an (kalau di freezer lebih lama lagi pastinya...) Jadi, waktu lapar langsung dimasak, apalagi saat-saat Mr.Sugar rewel, hmhhh cocok banget buat nyumpel...



Spaghetti Bolognese

(ragu cukup untuk 3-4 porsi)

Bahan Ragu:
Daging sapi cincang halus 250 gr
Tomat kalengan (pilih merk Mutti, kalau ada), atau tomat segar 400 gr (yang besaaaar dan meraaah)
Bawang putih 1 siung
Bawang bombay 1 buah
Wortel besar 1 buah
1 kaldu sapi blok
Extra virgin olive oil
Oregano bubuk 1 sdt
Basil 1/2 sdt
Rosemary kering 1/2 sdt
Bay leaf 2 lembar
Merica hitam bubuk
Garam
2 sdm pasta tomat (kalau susah didapat, tambahkan 1 tomat besar)

Pasta: spaghetti atau tagliatelle, 100 g/ porsi


Membuat ragu:
1- Cincang bawang putih
2- Cincang halus bawang bombay dan wortel. Lebih praktisnya: lempar ke food processor, baby!
3- Potong tomat kecil-kecil (atau proses dengan food processor, tapi jangan dicampur bawang bombay dan wortel)
4- Gunakan wajan dengan dasar tebal, tuang 5 sdm olive oil. Panaskan dengan api sedang, jangan sampai berasap, karena olive oil tidak tahan suhu terlalu tinggi.
5- Masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum. Lalu tambahkan bawang bombay dan wortel cincang, tumis hingga layu dan setengah masak. Jangan segan menambahkan olive oil jika perlu. Tambahkan semua bumbu daun (oregano, basil, rosemary, bay leaf).
6- Besarkan api, lalu tambahkan daging cincang. Tumis hingga daging kecoklatan sambil diaduk-aduk supaya tidak menggumpal.
7-Tambahkan tomat dan pasta tomat, kaldu sapi blok, garam, dan merica. Rahasia kecil: tambahkan sedikit gula pasir. Aduk rata lalu kecilkan api.
8- Tutup wajan dan masak 1-2 jam. Sekarang saatnya manicure atau baca buku...! Tapi jangan lupa sesekali ditengok ya, jangan sampai gosong. Aduk sesekali supaya tidak menggumpal atau tambahkan air jika perlu.
9- Nah, "ragu" ini bisa disimpan di kulkas untuk besok. Konon makin disimpan makin sedepppp...

Untuk membuat spaghetti bolognese:
Ini mah gampang banget kayak bikin indomie, soalnya bagian ribet bikin ragunya udah kelar...

1- Untuk 1 porsi, umumnya 90-100 gr spaghetti kering sudah lebih dari cukup (resep ragu di atas cukup untuk sekitar 3-4 porsi)
2- Didihkan air di panci besar. Patokannya, untuk tiap 200 gr spaghetti gunakan 5-6 gelas air. Setelah air mendidih, tambahkan garam secukupnya (sekitar 1 sdm) sampai air terasa asin. Ini penting banget supaya spaghetti-nya nendang dan nggak "anyep"
3- Masak spaghetti 6-8 menit (sesuai petunjuk di kemasan). Orang Itali asli suka spaghetti-nya agak liat (al dente), tapi ini tergantung selera masing-masing sih...
4- Tiris spaghetti dan siram dengan air dingin supaya tidak lembek. Air rebusan spaghetti jangan dibuang semua, simpan sedikit.
5- Sementara itu, panaskan bumbu ragu di atas wajan sampai hangat, tambahkan spaghetti lalu campur rata. Tambahkan air rebusan spaghetti jika perlu.
6- Sajikan spaghetti bolognese dengan taburan keju parmesan atau permigiano-reggiano.
7- Kalau saya, ditaburi cabe bubuk dulu. Uenakkkkk......

No comments