Chicken Karaage

Siapa sih yang nggak suka Chicken Karaage, ayam goreng tepung a la Jepang? Anak-anak pasti doyan makan kalau dikasih Chicken Karaage, bapak ibunya pun ikut doyan. Sekali-sekali makan yang goreng-goreng nggak apa-apa lah....

Daripada membeli Chicken Karaage frozen, lebih enak buat sendiri lho. Kita bisa memilih sendiri daging ayam yang bagus dan sudah jelas bebas MSG. Kalau buat saya, resep di bawah ini malah lebih enak dari Chicken Karaage restoran.

Membuatnya gampang banget! Kuncinya: luangkan sekitar 1 jam untuk merendam ayam dengan bumbu (marinade) dan pakailah tepung kentang. Tepung kentang (katakuriko) ini adalah kunci crispy-nya Chicken Karaage, jadi jangan diganti yang lain! Jangan heran kalau hasil gorengan kadang tidak secoklat yang diharapkan, karena kadang ini tergantung jenis tepung kentangnya. Tapi hasilnya tetap sama: gurih, crispy, dan bikin ketagihan....!



Chicken Karaage
(untuk 2 orang)

Bahan:
250 gr daging ayam fillet (paling enak daging paha atas)
4 sdm kecap asin
2 sdm mirin (bisa diganti dengan 1 sdt gula)
1 sdm parutan jahe
3 butir bawang putih, ulek/ press
1 mangkuk tepung kentang

Cara membuat:
1- Potong daging ayam ukuran sekitar 4x4 cm
2- Campur kecap asin, mirin, parutan jahe, dan bawang putih. Gunakan untuk merendam ayam sekitar 1 jam (jangan terlalu lama)
3- Tiriskan ayam. Gulingkan ke tepung kentang
4- Goreng dengan minyak banyak sekitar 2-3 menit di tiap sisi
5- Tiriskan dan letakkan di atas tisu masak untuk menyerap minyak. Hidangkan dengan potongan jeruk lemon.

No comments