Mango Genoise

Gara-gara Strawberry Genoise saya yang terlalu sukses, kangmas bojo setiap kali ada party maunya dibikinin itu melulu (lihat resep Strawberry Genoise saya di sini). Nah, karena saya sudah enek bikin Strawberry Genoise melulu, minggu lalu saya modifikasi resepnya jadi Mango Genoise.
Wow, nggak kalah enak loh. Walhasil, saya cuma ngicip sepotong kecil sisanya disikat habis tamu dan kangmas bojo pastinya! Makanya, foto ini juga cuma seadanya, soalnya udah keburu diserang... hahaha....

Tips: Pilihlah mangga yang masak benar dan manis maksimum, serta tidak berserat. Jika akan dihidangkan di hari yang panas, tambahkan 1 sdm susu bubuk pada isian supaya tidak terlalu encer.



Mango GĂ©noise

Bahan:
3 buah telur ayam ukuran besar, temperatur ruangan/ hangat
100 gr tepung terigu, ayak
125 gr gula pasir
50 gr mentega tawar, cairkan lalu dinginkan (please ya, jangan pakai margarin)
1 sdt esens vanila

Isian:
200 gr double cream (minimum 30-35% lemak)
50 gr gula halus
200 gr mangga yang manis sekali, iris kotak kecil dan tiriskan

Loyang bundar anti lengket yang dasarnya bisa dilepas, diameter 18cm

Cara membuat:
1- Panaskan oven ke temperatur 170 C
2-Olesi loyang dengan mentega
3- Pisahkan putih telur dengan kuning telur, letakkan masing-masing di wadah besar. Bagi gula menjadi dua bagian.
4- Pastikan tidak ada setetes pun kuning telur di campuran putih telur, karena nanti mengembangnya tidak maksimal. Kocok putih telur dengan mixer pada kecepatan tinggi, sambil menambahkan setengah bagian gula, sesendok demi sesendok. Kocok terus hingga mengembang tinggi, kaku dan berkilap
5- Di wadah yang lain, kocok kuning telur dan setengah bagian gula yang lain hingga mengembang dan menjadi seperti busa. Tambahkan vanila.
6- Dengan spatula, campurkan setengah bagian kuning telur ke busa putih telur. Aduk seperlunya dengan spatula (tanpa mixer), lalu tambahkan setengah bagian kuning telur sisanya. Aduk seperlunya.
7- Tambahkan tepung terigu setengah demi setengah bagian ke dalam adonan di atas. Aduk seperlunya dengan spatula hingga tercampur.
8- Terakhir, tambahkan mentega cair. Aduk dengan spatula hingga tercampur. Pelan dan hati-hati saat mengaduk supaya busa telur tidak pecah dan cake bisa mengembang baik.
9- Tuangkan ke dalam loyang dan masak dalam oven selama 30-40 menit hingga keemasan. Setelah masak, pastikan benar-benar dinginkan sebelum diisi.
10- Membuat isian: kocok double cream dengan gula halus hingga kaku. Campur dengan mangga, sisakan sedikit mangga untuk hiasan. Simpan dalam kulkas sebelum digunakan, karena cream ini mudah sekali cair. Atau tambahkan 1 sdm susu bubuk supaya lebih awet kaku.
11- Menghidangkan Mango GĂ©noise: belah cake menjadi dua di tengah, lalu oleskan isian tebal-tebal (yummy!). Hiasi dengan taburan gula halus dan mangga. Simpan di kulkas atau segera hidangkan.




No comments