Bibimbap

Mungkin Bibimbap adalah makanan Korea yang paling populer di dunia. Artinya sederhana: nasi campur. Biasanya terdiri dari nasi putih hangat dengan topping macam-macam sayuran dan irisan daging, kadang disiram saus dan ditutup dengan telur. Selain cantik dihidangkan, juga enak dan sehat!

Saya suka banget Bibimbap karena banyak sayurnya, tapi tetap gurih karena ada sedikit daging. Jenis sayuran yang dipakai bisa dipilih sesuai favorit masing-masing, tapi biasanya selalu ada kecambah, ketimun, dan wortel. Gunakan sayuran yang pas ada di kulkas, misalnya brokoli, kol, buncis, jamur, atau jagung (ini bukan sayur kali ya, hehehe.. tapi sering dipakai kok). Yang penting, iris-iris sayurannya cukup tipis supaya mudah dimasak cepat.

Nah, versi di bawah ini, kami nggak menambahkan saus karena begini aja sudah enak banget. Saya suka menambahkan topping telur, tapi yang mataaangggg karena nggak suka telur yang mentah ...yakkkksss (aslinya bibimbap selalu menggunakan telur setengah mentah). Kangmas bojo nggak doyan telur jadi selalu skip. Intinya, sesuai selera masing-masing lah. 잘 먹겠습니다! Jal meog-gess-seub-ni-da! Bon appetit!



Bibimbap
(untuk 2 orang)

Bahan:
Daging dan saus marinade-nya:
200 gr daging sapi, diiris tipis-tipis (paling enak gunakan daging iga/ rib eye)
2 sendok makan kecap asin
2 sendok makan minyak wijen
2 sendok teh gula pasir
1 butir bawang putih, cincang halus

Sayur:
4 genggam kecambah
4 genggam daun bayam
1 buah wortel, diiris korek api
1/2 buah ketimun, iris tipis
4 sdm jagung manis pipil
2 butir bawang putih, cincang halus
5 sdt minyak wijen
5 sdt minyak goreng
garam secukupnya

Cara membuat:
1- Campur daging dengan saus marinade. Letakkan di kulkas dan biarkan meresap minimum 4 jam.
2- Di mangkuk kecil, campur irisan ketimun dengan garam. Biarkan minimum 1/2 jam. Buang air yang keluar dengan sedikit memeras ketimun, jangan sampai hancur.
3- Siapkan sayuran satu persatu, jangan dicampur. Mulai dengan menumis sedikit bawang putih dengan minyak wijen dan minyak goreng. Setelah menguning, masukkan sayuran. Tumis sebentar saja, tambahkan air jika perlu. Jangan sampai terlalu masak, sayuran harus masih tetap crunchy.
4- Ulangi satu persatu untuk kecambah, daun bayam, wortel iris, ketimun, dan jagung. Sisihkan.
Griddle/ plancha
5- Memasak daging: ada dua pilihan metode. Yang pertama, metode tumis: panaskan wajan hingga panas sekali, berikan 2 sdt minyak Tumis daging di atas wajan dengan panas tinggi hingga masak. Yang kedua, metode panggang (lebih enak!): gunakan griddle/ plancha (seperti foto), olesi dengan sedikit minyak. Panggang daging hingga kecoklatan.
6- Menghidangkan: gunakan mangkuk ukuran sedang. Isi dengan nasi putih panas, letakkan sayuran dan daging di atasnya. Taburi dengan wijen dan berikan topping telur jika suka.





No comments