Supernatural Brownies

Ini nih resep brownies yang paling supernatural, dreamy, dijamin nggak bisa berhenti makannya. Hati-hati jangan keseringan bikin, bahaya banget, hahaha....
Resep aslinya dari chef Nick Maglieri, tapi saya ubah sedikit (dikurangi gulanya biar nggak terlalu eneg manisnya).

Resep ini menggunakan loyang ukuran 20 x 20 cm, jadinya 16 potong kecil brownies. Jika menggunakan loyang ukuran 23x 33 cm, kalikan dua jumlah bahan di resepnya.

Teman yang sudah mencoba heran kenapa brownies-nya nggak keluar "shiny crust"-nya. Saya sendiri nggak tau sebabnya, tapi cobalah ikuti petunjuk dan dipilih bahannya persis plek supaya keluar shiny crust-nya ya...
Menteganya pilih mentega  dari perancis (Elle & Vire, President) dan jangan sekali-sekali pakai margarin.
Untuk coklatnya, pastikan menggunakan dark chocolate batangan yang bagus kualitasnya. Kandungan cacao butter-nya harus 60-70%. Bukan "chocolate compound" yang isinya campuran lemak sawit, oh no no no! Karena ini kunci enaknya brownies, nggak bisa ditawar nih... 
Pilih telur yang gendut-gendut besaaar dan masih baru.
Tepungnya cukup pakai tepung terigu serba guna (misalnya Kunci).
Sedangkan gulanya, pakai gula coklat (unrefined sugarcane).
Satu lagi hal penting: pastikan temperatur oven sudah pas 175 C sebelum memasukkan brownies (saya selalu pakai termometer oven). Jangan membuka oven sebelum 25 menit, untuk memeriksa apakah brownies sudah masak.




Supernatural Brownies
(disesuaikan dari resep chef Nick Malgieri)

Bahan: 
115 gr mentega, potong-potong
120 gr dark chocolate 60-70%, dipotong-potong
2 butir telur besar
1/4 sdt garam
200 gr gula pasir
1 sdt ekstrak vanilla
65 gr tepung terigu serba guna
100 gr walnut

Cara membuat:
1- Panaskan oven ke temperatur 175 C. 
2- Alasi loyang 20x20 cm dengan kertas roti. Lebihkan kertas roti di sisi-sisi loyang, supaya nanti gampang mengeluarkan brownies-nya, tinggal diangkat.
3- Letakkan mentega dan chocolate di mangkuk gelas. Cairkan menggunakan microwave. Mulailah selama 30 detik (800-900 Watt) lalu diaduk pelan. Jika belum mencair, kembali masukkan ke microwave selama 10 detik, aduk, jika belum cair masukkan lagi di microwave 5-10 detik. Demikian seterusnya sampai semuanya cair. 
4- Di wadah besar, kocok telur baik-baik sampai berbusa. Masukkan gula, garam, ekstrak vanilla, kocok lagi. Tambahkan campuran mentega - chocolate cair yang masih panas. Aduk hingga halus.
5- Tambahkan tepung terigu dan walnut. Aduk sebentar, cukup sampai tercampur. Jangan terlalu lama mengaduk supaya gluten dalam tepung tidak bereaksi, nanti brownies-nya jadi keras.
6- Tuangkan adonan ke dalam loyang.
7- Sebelum memasukkan loyang ke dalam oven, pastikan temperatur oven sudah mencapai 175 C. Letakkan loyang di bagian tengah oven.
8- Masak selama 30-35 menit. Untuk memastikan brownies tidak terlalu keras, setelah 25 menit, cek apakah brownies sudah masak. Permukaannya berkilat dan jika ditusuk tidak lagi cair tapi ada sedikit adonan lembab. 
9- Setelah masak, dinginkan sebentar. Lalu, keluarkan brownies dari loyang. Potong bagian tepi-tepinya (ini enak bangetttt tapi kurang cakep).
10- Potong menjadi 16 bagian (atau 9 potong besar). Disimpan semalam di kulkas lebih enak lagi!






No comments