Keto Tiramisu

Akibat badan melar gegara lockdown coronavirus, saya pun akhirnya nyobain diet keto yang konon bisa nurunin berat cepet banget. Diet ini sangat rendah karbo dan tinggi lemak. Strict banget, nggak boleh gula, roti, nasi, mie, bahkan sebagian besar buah pun nggak boleh. Kebayang kan, gimana menderitanya....

Tapi enggak loh. Ternyata, hampir semua makanan tuh ada versi keto-nya. Kuncinya cuma rajin googling, masak dan tekun siapin bahan-bahannya. 

Resep ini salah satu resep keto favorit saya. Saking enaknya, suami saya yang nggak diet pun ikut ngabisin. Ya iyalahhh, wong cake buat keto tiramisu ini malah lebih enak ketimbang versi aslinya. Buktikan aja. Buat yang nggak lagi diet keto ya cukup diganti aja gulanya sama gula pasir biasa.

(Btw, semua resep keto yang saya posting sudah saya pilih yang enak dan nggak bisa dibedain sama versi non-dietnya. )

Petunjuk bahan:

- Untuk pengganti gulanya, saya pakai erythritol. Erythritol ini rasanya plek sama gula, tapi kalorinya nol. Saya sudah pernah juga bikin pakai xylitol, rasanya sama. Untuk stevia, karena ada aftertaste nya yang agak pahit, saya coba hindari. Alternatif lain adalah gula monkfruit (lo han guo), tapi ini rada susah carinya.

- Untuk tepungnya, gunakan tepung almond yang sangat halus supaya cake-nya nggak berbutir-butir. 

- Untuk coklat taburnya, gunakan coklat bubuk yang kualitas bagus (contoh: merk Valrhona). Ini ngaruh banget loh!

Resep ini cukup untuk tiramisu kotak 11x11 cm, atau bisa juga disajikan dalam gelas seperti foto.

* update penting: omaigat, berat saya udah turun 4 kg dalam sebulan berkat keto (dan ini termasuk pelan loh!!)

Keto Tiramisu


Bahan cake:

60g gula erythritol

75 gr mentega, suhu ruangan

3 butir telur, suhu ruangan

60 mL krim cair, suhu ruangan

1 sdt ekstrak vanilla

170 gr tepung almond

1 sdt baking powder

sejimpit garam

Bahan krim tiramisu:

250 gr keju mascarpone dingin

250 gr krim cair dingin (min 30% lemak)

60 gr gula erythritol

1sdt ekstrak vanilla

200 mL kopi espresso

Coklat bubuk untuk taburan

Cara membuat:

1- Panaskan oven ke temperatur 180 C. Lapisi loyang ukuran 22 x 22 cm dengan kertas roti menutupi semua sisinya.

2- Kocok mentega dengan gula sampai lembut. Tambahkan telur, krim, vanilla, kocok lagi. Terakhir masukkan tepung almond, baking powder, dan garam. Kocok sampai merata, lalu tuangkan ke loyang. Panggang selama 20-25 menit sampai kecoklatan. Dinginkan

3- Kocok krim cair, gula, dan vanilla sampai setengah kaku (soft peaks). Tambahkan keju mascarpone, aduk sebentar sampai kaku. Simpan krim dalam kulkas sampai siap digunakan.

4- Menata tiramisu (gunakan wadah gelas kotak 11x11 cm atau gelas-gelas): 

- belah cake menjadi dua bagian, lalu olesi dengan kopi kedua sisinya (saya suka tiramisu yang ngopi banget)

- letakkan satu bagian cake di dasar wadah, olesi krim tebal-tebal. Lalu letakkan satu bagian cake yang lain (jangan lupa diolesi kopi dulu yaaa), baru lapisi krim di atasnya.

- Dinginkan di kulkas minimum 4 jam atau semalaman supaya rasa-rasanya meresap dan berpadu sempurna (sabaaaaaar!)

- Sesaat sebelum dihidangkan, ayak coklat bubuk menutupi permukaan tiramisu.


No comments