Rainbow Cake (with vanilla flavour)

Setelah 3 tahun berhenti blogging masak-masak, I'm back.
Enlightened.

Ini gara-gara, di suatu siang, saya melihat rainbow cake. Jatuh cinta.
Berhari-hari saya terbayang-bayang. Browsing tentang dia. Download foto-fotonya.
Lebay kan.

Akhirnya saya telepon sahabat saya: sweetie, we are going to make rainbow cake.
Cake-nya saya pilih yang sangat moist (nggak terlalu mengembang), rasa vanila, dan enak banget.


Rainbow Cake with Vanilla Flavour

200 gr gula
115 gr mentega
2 telur (keluarkan dari kulkas beberapa jam sebelumnya)
10 mL ekstrak vanili
190 gr all-purpose flour (contoh Segitiga Biru)
8 gr baking powder
120 mL susu (hangat)
6 pewarna makanan: merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu (pewarna ya, bukan essence!)

Cara membuat:
1- Panaskan oven ke 350 F atau 175 C.

2- Kocok mentega dan gula, tambahkan telur satu per satu, lalu tambahkan ekstrak vanila.

3- Campur tepung dan baking powder. Tambahkan ke dalam campuran di atas.

4- Terakhir, tambahkan susu sambil dikocok.

5- Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama. Gunakan timbangan untuk memastikan pembagian adonan benar-benar sama!

6- Tambahkan pewarna ke tiap bagian adonan sampai mendapatkan warna yang benar-benar bagus. Jangan segan-segan daripada nanti rainbow cake-nya warnanya nggak oke.

7-Olesi 6 loyang bulat diameter 22 cm dengan mentega tipis-tipis dan taburi tepung tipis-tipis.

8-Tuangkan setiap adonan bewarna ke loyang. Adonannya akan tipis di loyang, tapi jangan kuatir, kan nanti akan kita tumpuk semua...
Kalau nggak punya 6 loyang atau ovennya nggak muat (seperti saya), gunakan 3 loyang bergantian. Jadi baking-nya 2 kali.

9- Bake selama 30-40 menit. Cek adonan dengan tusuk gigi untuk memastikan bagian tengah sudah matang.
10- Tunggu hingga cake benar-benar dingin sebelum menyusun & menghiasnya.


Menghias rainbow cake

Ada dua pilihan frosting cream untuk menghias rainbow cake ini:

Buttercream (favorit anak-anak karena manis)
kocok 250 gr mentega dan 250 gr gula halus hingga lembut

Creamcheese (favorit saya, karena nggak terlalu manis dan cheesy)

Perhatikan tiap lapisan warna, pastikan cukup rata supaya ditumpuknya bagus. Kalau ada yang terlalu mengembang bisa dipotong/ diratakan sedikit.
Taruh warna ungu di lapisan terbawah, olesi dengan cream. Lanjutkan dengan warna biru, hijau, kuning, orange, dan merah. Gunakan sisa cream untuk menutupi semua permukaan cake.


Karena saya bukan penghias yang handal, benjol-benjol cream saya tutupi dengan gula dekoratif warna-warni, hehehe...


Kita benar-benar happy banget karena sukses bikin rainbow cake, sampai loncat-loncat! Ladies, seriously this is good for your ego (walaupun not that good for your belly, hahahaha...) Join me in the women-who-made-rainbow-cake club...!

No comments