Salmon Teriyaki

*Update resep setelah menemukan yang lebih enak dan praktis* 

Salmon teriyaki ini adalah salah satu andalan di kala sibuk, karena masaknya gampang tapi hasilnya enak banget. Kalau mengundang temannya ke rumah, Mr.Sugar sering minta saya masak ini karena menurut dia kelihatan sophisticated, repot dan canggih.

Untuk salmon, pilihlah selalu salmon liar atau organik, karena salmon ternakan penuh dengan racun dan pewarna buatan supaya warnanya oranye segar (cek di sini berdasarkan riset ilmiah, bukan abal-abal).



Salmon Teriyaki
(untuk 2 orang)

Bahan:
2 potong salmon fillet (sekitar 200-250 gr per fillet)
Sedikit tepung terigu
Minyak goreng
Irisan daun bawang

Saus teriyaki:

3 sdm gula pasir
60 mL kecap asin jepang (Kikkoman atau Yamasa)
60 mL mirin
Sedikit merica 

Cara membuat:
1- Campur semua bahan saus, lalu panaskan di pan (penggorengan) dengan api kecil hingga mengental. Sisihkan.
2- Lapisi salmon dengan terigu, tipis-tipis sekali.
3- Panggang salmon dengan api kecil. Saya merekomendasikan pakai griddle/ plancha (lihat catatan di bawah) yang diolesi minyak tipis-tipis. Setelah satu sisi masak, balik perlahan-lahan. Setelah kedua sisi masak, besarkan api dan masak sebentar supaya warna permukaannya kecoklatan dan cakep.
4-  Masukkan potongan salmon yang sudang dipanggang ke dalam pan saus teriyaki tadi. Hangatkan sebentar sambil melapisi samon dengan saus.
5- Sajikan dengan irisan daun bawang dan ekstra saus teriyaki buat yang suka (serta cabe bubuk pastinya!)

Catatan: Griddle/ plancha adalah panggangan datar dari besi tempa tebal, bisa digunakan langsung di atas kompor. Biasanya dilapisi bahan anti lengket. Contohnya klik di sini. Saya punya satu dan ternyata benar-benar investasi banget, buat memanggang dan menghangatkan segala macam makanan tanpa minyak berlebih!

No comments