Strawberry Génoise

Strawberry Génoise ini adalah salah satu cake paling sukses yang pernah saya buat. Setiap kali buat, selalu licin habis. Semua orang selalu memuji enak banget dan nambah (belum pernah ada yang nggak nambah), termasuk ipar saya yang body-builder dan biasanya males banget makan yang manis. Malah, dia sempat nggak percaya saya bikin sendiri. Tampang saya kayak wanita pemalas kali ya, wkwkwkwk...
Saking suksesnya, cake ini pernah bikin saya berantem sama suami. Soalnya, saya baru makan sepotong kecil, sudah disikat habis sama dia. Cape deeeee....!

Nah, sekarang cerita sedikit tentang teknik pembuatan. Génoise adalah cake ringan dengan sedikit lemak dan mengembang tanpa soda kue. Kuncinya, kocok telur hingga benar-benar mengembang. Jadi, supaya sukses, baca baik-baik ya tekniknya. Resep di bawah ini  sudah dimodifikasi supaya lebih praktis, karena resep Génoise yang tradisional lumayan ribet; melibatkan teknik menghangatkan campuran telur dan gula saat dikocok dengan di-tim (bain-marie).

Oh iya, supaya Strawberry Génoise-nya enak, penting banget untuk memilih strawberry yang benar-benar manis maksimum. Kalau strawberry-nya agak asam, nggak bakal enak deh. Jika sulit menemukan strawberry yang manis banget, potong-potong strawberry dan rendam di air gula selama beberapa jam, lalu tiriskan. Atau, gunakan buah lain yang manis seperti mangga (jadi Mango Génoise dong, kenapa enggak!)


Strawberry Génoise

Bahan:
3 buah telur ayam ukuran besar, temperatur ruangan/ hangat
100 gr tepung terigu, ayak
125 gr gula pasir
50 gr mentega tawar, cairkan lalu dinginkan (please ya, jangan pakai margarin)
1 sdt esens vanila

Isian:
200 gr double cream
50 gr gula halus
200 gr strawberry yang manis sekali, iris-iris dan tiriskan

Loyang bundar anti lengket yang dasarnya bisa dilepas, diameter 18cm

Cara membuat:
1- Panaskan oven ke temperatur 170 C
2-Olesi loyang dengan mentega
3- Pisahkan putih telur dengan kuning telur, letakkan masing-masing di wadah besar. Bagi gula menjadi dua bagian.
4- Pastikan tidak ada setetes pun kuning telur di campuran putih telur, karena nanti mengembangnya tidak maksimal. Kocok putih telur dengan mixer pada kecepatan tinggi, sambil menambahkan setengah bagian gula, sesendok demi sesendok. Kocok terus hingga mengembang tinggi, kaku dan berkilap
5- Di wadah yang lain, kocok kuning telur dan setengah bagian gula yang lain hingga mengembang dan menjadi seperti busa. Tambahkan vanila.
6- Dengan spatula, campurkan setengah bagian kuning telur ke busa putih telur. Aduk seperlunya dengan spatula (tanpa mixer), lalu tambahkan setengah bagian kuning telur sisanya. Aduk seperlunya.
7- Tambahkan tepung terigu setengah demi setengah bagian ke dalam adonan di atas. Aduk seperlunya dengan spatula hingga tercampur.
8- Terakhir, tambahkan mentega cair. Aduk dengan spatula hingga tercampur. Pelan dan hati-hati saat mengaduk supaya busa telur tidak pecah dan cake bisa mengembang baik.
9- Tuangkan ke dalam loyang dan masak dalam oven selama 30-40 menit hingga keemasan. Setelah masak, pastikan benar-benar dinginkan sebelum diisi.
10- Membuat isian: kocok double cream dengan gula halus hingga kaku. Campur dengan strawberry. Simpan dalam kulkas sebelum digunakan, karena cream ini mudah sekali cair.
11- Menghidangkan Strawberry Génoise: belah cake menjadi dua di tengah, lalu oleskan isian tebal-tebal (yummy!). Hiasi dengan taburan gula halus dan strawberry. Simpan di kulkas atau segera hidangkan.






No comments