Tarte Tatin

Tarte Tatin* adalah french pastry yang meskipun simpel tapi legendaris dan klasik banget. Versi yang asli dan paling populer adalah aux pommes, dibuat dari apel, karamel, dan mentega. Konon, Tarte Tatin ini diciptakan secara tidak sengaja oleh kakak beradik Tatin, pertama disajikan di restoran super bergengsi Maxim Paris pada tahun 1926.

Enak? Ya pasti doooooong. Kalau nurutin kemauan, saya bisa makan seloyang sendiri. Terutama kalau homemade, karena kita bisa mengatur level manisnya sesuai selera. Sajikan dengan heavy cream atau es krim vanilla supaya lebih top lagi. Dijamin dunia akan terasa lebih indah. Sumpah saya merasa begitu. Diet? Tahun depan aja darling... Atau tahun berikutnya.. hihihiiii

Okeee.. back to reality. Seperti french pastry pada umumnya, Tarte Tatin ini gampang-gampang susah bikinnya. Resep Tarte Tatin pastinya ada banyak variasi, nah yang ini mengikuti resepnya Christophe Michalak, pâtisssier yang bolak-balik mendapat award pâtissier terbaik di dunia. Ikuti petunjuk dengan seksama supaya sukses. Karena rada tricky, saya sertakan beberapa foto cara pembuatannya supaya lebih jelas.


Untuk cetakan, saya menggunakan iron cast pan 26cm, tapi pakai cetakan bundar anti lengket biasa juga bisa kok. Untuk apel, saya pakai apel Gala yang besar-besar. Biasanya, 6-7 apel besar sudah cukup memenuhi cetakan. Jadi kalau menggunakan apel yang kecil, siapkan sekitar 10 apel. Jumlah gula juga bisa disesuaikan selera dan disesuaikan manis/ kecutnya apel.

Untuk kulit pie-nya, saya beli jadi karena di sini banyak yang jual dan kualitasnya bagus banget. Kalau mau buat sendiri, resepnya saya tulis terpisah di bawah ini.

Selamat mencoba and have a frenchy day!


Tarte Tatin aux Pommes*
*dibaca tah tatang o pomm (sambil sok beraksen perancis 😆)

Bahan:
8 buah apel besar atau 10 buah apel kecil (lebih baik kebanyakan ketimbang kurang, kalau sisa bisa diemplok langsung ;) )
200 gr gula pasir
200 gr mentega (please BUKAN margarin)
250 mL air

Kulit pie, digiling setebal ~4mm dan diameter sekitar 4cm lebih besar dari loyang yang dipakai
Simpan di kulkas sebelum dipakai

Loyang bundar anti lengket 26cm atau iron cast pan tahan oven

Cara membuat:

1- Rebus air dengan mentega dan 100 gr gula hingga larut dan tercampur rata

2- Kupas apel dan belah menjadi 4, hilangkan bagian tengahnya yang keras

3- Rebus apel di campuran no-1 hingga lunak, sekitar 10-15 menit. Mungkin butuh 2-3 batch supaya seluruh apel bisa terendam dalam air rebusan. Tiriskan.

4- Panaskan oven ke 180C

5- Buat caramel: panaskan panci kecil/ iron cast pan dengan api sedang, lalu taburkan gula. Biarkan hingga gula mencair dan berubah warna menjadi coklat, jangan diaduk sebelum semuanya mencair dan berubah warna! Matikan api.

6- Jika menggunakan iron cast pan:  tata potongan apel di atas karamel. Apel harus ditata rapat-rapat, karena nantinya mengkerut saat dimasak. Tekan- tekan supaya menempel di karamel.

Jika menggunakan loyang anti lengket: begitu karamel siap, segera tuangkan di loyang dan ratakan di dasar loyang, baru letakkan potongan-potongan apel di atasnya.

7- Tutup apel dengan kulit pie, lipat baguan pinggir kulit pie ke dalam. Tekan tekan supaya menempel, lalu tusuk tusuk dengan garpu supaya uap bisa keluar saat di-oven.

8- Panggang di oven 180 C selama 45 menit atau sampai kulit pie kuning kecoklatan.

9- Keluarkan dari oven dan dinginkan minimum 1 jam.

10- Gunakan pisau untuk memastikan bagian samping Tarte tidak lengket ke cetakan, lalu letakkan piring besar di atas loyang, balik Tarte. Lakukan ini dengan hati-hati, alasi dengan piring besar lain karena biasanya banyak juice apel karamel yang ikut tumpah (memang begitu, ini normal)

11- Sajikan dengan es krim vanilla atau krim, sambil membayangkan menara Eiffel (lebay! 😂)



Kulit Pie
(Pâte brisée)

Bahan:
300 gr tepung terigu
150 gr mentega (suhu ruangan)
1/2 sdt garam
3 sdm gula
80 mL air atau susu hangat

Cara membuat:
1- Campur rata semua bahan kering
2- Campurkan mentega sedikit demi sedikit dengan tangan 2-3 menit, akan menjadi adonan berbutir
3- Tambahkan susu/ air, sedikit demi sedikit, uleni sebentar saja sampai halus dan tidak berbutir
4- Simpan di kulkas sebelum digunakan.

No comments