Ikan Rica-Rica


Di Vung Tau (tempat saya sekarang tinggal), seafood murah banget, segar-segar, lagi. Hari Minggu kemarin saya belanja ke pasar bareng sekretaris saya (yang kerempeng banget padahal makannya doyan). Dia beli tengiri dua kilo; katanya hampir tiap hari dia makan tengiri. Ya udah saya ikutan beli aja, siapa tahu ketularan langsing lestari.
Sampai rumah, baru bingung deh mau dimasak apa. Mau bikin siomay, otak-otak.. nggak punya tepung sagu. Akhirnya dapat ide bikin Ikan Rica-Rica; enak, pedas segar, benar-benar teman makan nasi hangat yang sempurna (nah lo, kapan langsingnya..!)

Ikan Rica-Rica

Bahan & bumbu
Tengiri, satu ekor kurang lebih 1/2 kilo
Sereh 3 batang (iris halus)
Daun jeruk purut 5 lembar (iris halus)
Jahe satu ruas (iris halus)
Tomat 1 buah (iris kecil-kecil)
Bumbu dihaluskan kasar:Bawang merah 4 siung
Bawah putih 2 siung
Cabai merah, cabai rawit, sesuai selera
Garam

Daun kemangi (makin banyak makin segar; kalau sulit dicari coba diganti daun ketumbar)
Daun bawang diiris halus

Cara membuat:
1. Ikan tengiri dipotong-potong dan dilumuri jeruk nipis, sisihkan
2. Bumbu yang dihaluskan kasar dicampur dengan sereh, daun jeruk, jahe. Balurkan 1/3 bagian bumbu pada ikan, biarkan 15 menit.
3. Tumis sisa bumbu dan tomat dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan ikan; aduk-aduk sebentar sampai ikan berubah warna. Tambahkan daun kemangi dan daun bawang.
4. Bakar ikan sebentar sampai masak (kalau malas bakar-bakaran, pastikan ikannya sudah masak di step 3 tadi)
5. Hidangkan dengan bumbunya.
Catatan: tenggiri itu konon sama dengan mackerel; lebih tepatnya "spanish mackerel". Gak nyangka kalo masih ada turunan spanyol, huehehehe. Kaya dengan asam lemak omega-3, selenium, vitamin B12, protein.

No comments