Mie Ayam Jamur


Sore-sore paling enak makan mie ayam, pake sambel yang pedes... *duh* Daripada nelen ludah melulu karena di sini nggak ada yang jualan mie ayam, saya pun berusaha bikin sendiri dan akhirnya berhasil bikin mie ayam yang enak (daripada nggak ada, hehehe..)
Supaya sehat, bikinnya jangan pakai msg* atau bumbu kaldu (itu kan banyak msg nya juga..!). Pakai jamur segar, trus minyaknya juga sedikit aja.

Mie Ayam

waktu memasak maksimum 30 menit; kira-kira untuk 2 porsi

Bahan:
Dada ayam 2 potong, kupas kulitnya
Jamur (jamur apa saja ternyata enak juga yang penting segar; kalau pakai shiitake dipotong-potong dulu)
Mie telur secukupnya

Bumbu:
3 bawang putih dicincang
Garam, merica
Kecap asin, kecap manis, kecap ikan, saus tiram (pokoknya apa aja yang ada di lemari deh)

Kuah: Tulang ayam, daun bawang

Condiment: sawi rebus, daun bawang dipotong halus, bawang goreng

Membuatnya:
1. Dada ayam diungkep di atas wajan teflon (jadi nggak usah pakai minyak), sampai setengah matang. Supaya cepat matang, ayam sebaiknya dipotong ukuran sedang, jangan terlalu besar.
2. Sisihkan dada ayam dan pisahkan tulangnya untuk kuah; daging ayam dipotong dadu.
3. Tulang dada (kalau ada sih tambahkan cakar, leher, etc pokoknya yang banyak tulangnya) segera direbus dengan 3 gelas air untuk membuat kuah. Didihkan dengan api sedang; lalu masak dengan api kecil. Makin lama memasaknya makin muantep.
4. Panaskan minyak sedikit di atas penggorengan, lalu tumis bawang putih sampai harum. Masukkan ayam, tambahkan jamur, lalu garam, merica, tambahkan kecap macam-macam tadi, sampai matang.
5. Menyiapkan mie: Panaskan kulit ayam tanpa minyak di atas penggorengan sampai kering dan keluar minyak ayamnya. Tambahkan sedikit minyak, lalu tumis 1 bawang putih cincang sampai matang.
Rebus mie telur sampai empuk lalu segera tiriskan dan siram air dingin supaya tidak lembek. Campur dengan minyak-bawang di atas.
6. Menghidangkan: mie telur dan sawi rebus, lalu di atasnya tumisan ayam jamur, daun bawang diiris halus, baru taburi bawang goreng.

Buat yang gak punya waktu masak, bisa bikin pas weekend terus disimpan di kulkas. Siapkan mie+sawi ukuran satu porsi di mangkok-mangkok terus ditutup plastik, tumis ayam dan kuahnya dipisah. Jadi kalo pengen makan tinggal masuk microwave, praktis! Asal jangan kelamaan nyimpennya ya...!


*MSG= monosodium glutamat; bahasa populernya "moto" alias "penyedap rasa". Banyak penelitian membuktikan kalau msg ini nggak sehat banget, cek di http://www.worldwidehealthcenter.net/articles-445.html Walaupun industri makanan ngotot bertahan kalau MSG aman dipake (ya iyalah, soalnya hampir semua makanan kemasan udah ditambahin MSG), mendingan kita coba meminimalkan konsumsi aja deh.

No comments