Ketan Srikaya



Buat memuaskan sweet teeth, ini dia... Dijamin setelah makan ketan srikaya ini, hati langsung bahagia berbunga-bunga deh (berlebai... ini mah cuma saya hahaha)
Ketan srikaya bisa dibikin pakai cetakan besar, terus dipotong-potong; atau pakai cetakan kecil-kecil (seperti di foto). Kalau mau srikayanya lebih keras biar gampang dipotong-potong, tambahkan tepung sagunya. Bikinnya gampang banget, jangan ragu-ragu...

Ketan Srikaya

Bahan 1 (ketan):
200 gr beras ketan
Santan 250 cc
Pandan, garam

Bahan 2 (srikaya):2 butir telur
100 gr gula merah disisir halus
25 gula pasir
100 cc santan kental
1 sdm tepung sagu
4 mata nangka dipotong kecil-kecil
Daun pandan

Cara membuat:1-Masak beras ketan dengan santan, pandan, garam. Banyaknya santan sekitar 2cm merendam ketan. Didihkan dengan api sedang sampai santan meresap, lalu tutup panci dan masak dengan api lilin (btw, saya baca banyak resep; ada yang ketannya harus direndam, dikukus, etc... tapi saya masaknya cuma kayak gini kok empuk juga ya? Asal ketannya jangan terlalu banyak, cara ini okay aja deh)

2- Srikaya: campur semua bahan srikaya hingga rata (saya pakai food processor)

3- Mencetaknya: kalau pakai cetakan kecil-kecil, tuangkan adonan srikaya di dasar cetakan, lalu kukus hingga mengeras. Tambahkan ketan di atasnya, lalu kukus lagi sebentar.
Kalau pakai cetakan besar: padatkan ketan di dasar cetakan, lalu tuangkan adonan srikaya di atasnya. Kukus hingga masak. Hidangkan dengan dipotong-potong.

Bagusnya sih kalau warna srikayanya coklat tua ya? Sayang di Vietnam susah nyari gula kelapa yang warnanya coklat tua; adanya gula siwalan yang warnanya coklat muda, jadi walaupun rasanya sama (sebenernya lebih enak lo), warna srikayanya kurang seksi deh...

No comments