Eid Edition: Classic Kaastengels

Buat saya, lebaran = kaastengels + nastaart + opor ayam + ketupat. Tanpa itu, lebaran terasa hampa... Halah...

Resep kaastengels kan banyak banget tuh, yang ini resep klasik banget dan mantap.
Memang ujung-ujungnya, kalau mau kaastengels enak ya kejunya harus banyak.

Karena termasuk orang malas, saya ogah bikin kaastengels bentuk batang-batang kotak pada umumnya. Haduh, itu ribetnya... Saya pilih yang lebih praktis aja, pakai steker bentuk hati, so sweet deh...


Classic Kaastengels

Bahan:
300 gr mentega (salted)
200 gr keju edam tua, parut
400 gr tepung terigu
2 sdm susu bubuk, atau 2 sdm krim kental
2 butir kuning telur

Untuk topping dan polesan:
150 gr keju cheddar, parut
2 butir kuning telur, dikocok lembut

Cara membuat:
1- Panaskan oven di 160 C
2- Potong-potong mentega, kocok bersama kuning telur hingga lembut
3- Tambahkan susu dan keju parut
4- Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu hingga rata
5- Ambil satu bagian adonan, tipiskan dengan gilingan kue (kalau lengket, lapisi dengan plastik. Saya malah pakai botol minuman logam punya adik saya, anti lengket)
6- Cetak sesuai selera
7- Letakkan di atas loyang yang sudah dilapisi mentega tipis-tipis
8- Hias dengan keju cheddar
9- Masukkan dalam oven. Setelah +- 15 menit, keluarkan dan kuaskan kuning telur supaya kue nya kuning cantik
10- Bake lagi hingga matang


* Tips: kalau mau agak beda, keju-nya bisa divariasi dengan 100 gr Edam dan 100 gr Permigiano-Reggiano. Aduh, aduh, enaknya susah digambarkan deh...



No comments