Maqluba

Maqluba adalah nasi berbumbu, masakan khas Palestine dan Jordan yang sangat populer. Mungkin mirip dengan nasi kebuli kalau di Indonesia, tapi lebih lembut aromanya.
Maqluba artinya "upside- down" karena dimasak di panci lalu dibalik untuk menghidangkannya di atas piring. Biasanya, terdiri dari sayur (terong atau bunga kol), kentang, daging (ayam, sapi, atau kambing), serta nasi yang dibumbui.
Saya belajar masak Maqluba langsung dari ahlinya karena dulu sempat dating seseorang yang berasal dari Jordan. Walaupun akhirnya bubar, paling enggak saya sekarang bisa masak Maqluba yang enak. Semua ada hikmahnya, hehehe....
Setiap keluarga punya resep maqluba favoritnya sendiri. Nah, resep di bawah ini adalah versi praktis dari Maqluba, namun dijamin keenakan dan authenticity-nya. Sajikan dengan tabbouleh salad  supaya lebih mantap.



Maqluba

Bahan:
Ayam 1/2 ekor
Terong 1 buah
Kentang besar 1 buah
Bawang bombay besar 1 buah
Bawang putih 2 butir
Bumbu kari 2 sdt
50 gr kacang mete atau almond (yang sudah digoreng/ dioven)
Garam dan merica hitam secukupnya
Extra virgin olive oil
Beras 3 cangkir, cuci.

Cara membuat:
1- Potong kentang dan terong tipis tipis, lalu goreng sebentar. Sisihkan.
2- Cincang bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis dengan olive oil hingga lunak. Masukkan ayam yang sudah dipotong-potong, lalu tambahkan bumbu kari. Tumis sebentar hingga ayam kaku. Tambahkan 1 liter air, lalu didihkan. Kecilkan api dan masak 1 jam.
3- Siapkan panci dengan dasar tebal (supaya tidak cepat gosong).Tata kentang dan terong di dasar panci, lanjutkan dengan potongan ayam di atasnya. Tutup dengan beras, lalu siram dengan air kaldu dari step-2 di atas. Kalau kaldunya kurang, tambahkan air.
4- Masak lagi hingga air terserap dan nasi setengah matang. Tambahkan mede/ almond, pelan-pelan campur dengan nasi.
5- Tutup panci dan lanjutkan masak dengan api lilin, sekitar 20 menit.
6- Matikan api dan biarkan 20-30 menit, lalu sajikan hangat-hangat.


No comments