Pesto Pasta

Pesto adalah saus yang dibuat dari daun basil, kacang, dan minyak. Kedengaran aneh? Owww, coba dulu karena pesto ini salah satu saus paling terkenal enak dari Itali. Segar dan enggak enek, pas banget di kala ingin makan pasta yang ringan dan segar. Cocok buat yang vegetarian, walaupun buat yang non -vegetarian (kayak saya) pun tetap sedap banget.
Pesto yang paling terkenal ya pesto genovese, alias pesto dari Genoa. Pesto ini terbuat dari daun basil, kacang pinus, dan minyak zaitun.
Pesto ini bisa dibekukan kalau nggak habis, tapi saya sih sukanya bikin fresh: karena buatnya gampang banget! Dijamin pesto ini lebih enak ketimbang pesto botolan.


Pesto Pasta
(untuk 2 orang)

Bahan:
180 gr pasta (di foto ini saya pakai pasta farfalle, solanya cute aja, hehehe)

Pesto:
50 gr daun basil itali (ini banyak loh, sekitar 1 ikat besar)
1 sdm pine nuts, bisa diganti kacang mede goreng
150 mL minyak zaitun
1 butir bawang putih yang kecil
12 gr keju parmigiano reggiano atau parmesan, bubuk

Cara membuat:
1- Didihkan air dengan 1 sdm garam. Masak pasta sesuai petunjuk kemasan
2- Membuat pesto: haluskan semua bahan degan food processor. Jika tidak punya, tumbuk basil, kacang, dan bawang putih sampai halus, baru campur dengan minyak zaitun dan keju (metode ini konon malah lebih enak lo!). Tambahkan garam secukupnya
3- Campur dengan pasta yang masih hangat, aduk sampai rata. Jika suka, masak sebentar asal hangat, jangan sampai pesto-nya masak!
4- Bisa disajikan dengan protein favorit (di foto saya sajikan dengan udang galah... yummy!!)


No comments