Donat Kentang

Gara-gara ada temen posting foto bikin donat kentang di facebook, saya langsung terbayang-bayang donat. Apalagi si bocah kecil memang paling doyan makan donat. Akhirnya, sambil disambi-sambi masak yang lain, jadi juga nih donat buat snacking sore. Belum juga kelar digoreng semua, udah hampir separo dicemil habis sama suami dan bocah. Mau difoto cakep pun udah nggak bisa lagi, karena semuanya udah ribut mau makan donat. Ampun deh...

Memang bener resep donat kentang ini enak, udah seantero internet membuktikan. Konon asalnya dari ibu Fatma Bahalwan, pemilik NCC alias Natural Cooking Club. Sabar-sabar aja nunggu adonannya mengembang ya, biar donatnya bener-bener empuk menul-menul.

Walaupun enak, dulu saya paling males bikin karena pegel ngulenin adonannya, hehehe... Tapi sejak saya punya stand-mixer (punya saya KitchenAid), saya udah nggak lagi menguleni adonan pake tangan. Cukup pakai stand-mixer dengan attachment yang model hook/ kail, bisa disambi ngerjain yang lain.

Oh iya, saya biasanya cuma bikin setengah resep aja. Itupun udah jadi 8 donat besar dan sekitar 12 donat bulat mini yang jadi favorit bocah-bocah. Toppingnya bisa apa saja sesuai selera. Di bawah ini saya sertakan resep topping coklat yang uenakkk banget, tapi biasanya favorit saya cukup diberi taburan gula halus aja.


Donat Kentang



Bahan:
500 gr tepung terigu
200 gr kentang kukus/ rebus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula pasir
11 gr ragi instan
100 mL susu dingin
4 buah kuning telur
75 gr mentega

Topping coklat (jika suka):
45 gr coklat putih
45 gr dark/ milk chocolate
30 gr mentega
1 sdm susu cair

Alat:
Gilingan/ rolling pin
Cetakan donat
Cetakan bulat diameter 4cm jika mau membuat  donat bulat mini
Baki/ tray/ loyang datar
Kertas roti
Wajan atau deep fryer untuk menggoreng

Cara membuat:
1- Campur semua bahan kering termasuk kentang halus sampai rata. Kentang yang saya pakai kebetulan susah benar-benar empuk kalau hanya dikukus, jadi harus saya rebus sebelum dihaluskan.
2- Tambahkan susu cair dan telur. Uleni sampai hampir kalis (dengan tangan atau stand-mixer)
3- Tambahkan mentega sedikit demi sedikit, uleni hingga menjadi adonan yang elastis. Jika menggunakan stand-mixer, sekitar 10-12 menit.
4- Tutup adonan dengan lap lembab dan letakkan di tempat gelap. Biarkan mengembang sampai 2 kali lipat, sekitar 1-2 jam. Kalau pas udara panas bakal lebih cepat; suhu ruangan saya 21 C, butuh sekitar 2 jam.
5- Siapkan meja/ permukaan untuk menggiling, taburi dengan sedikit terigu supaya tidak lengket. Siapkan dua baki/ tray/ loyang datar dan alasi kertas roti.
6- Kempiskan adonan dengan dipukul, lalu giling setebal sekitar 7mm (lapisi rolling pin/ gilingan dengan sedikit terigu kalau lengket). Cetak dengan cetakan donat, lalu letakkan di atas baki yang sudah dialasi kertas roti tadi. Jangan letakkan dekat-dekat karena nanti akan mengembang. Untuk donat bulat mini, saya pakai cetakan bulat diameter 4 cm. Kalau tidak pakai cetakan donat, cukup dicetak bulat, nanti bisa dilubangi belakangan (saya lebih suka pakai cetakan karena lebih gampang rapinya)
7- Biarkan mengembang selama 1 jam
8- Panaskan minyak banyak dalam wajan atau deep fryer
9- Goreng donat sampai coklat keemasan, ingat cukup dibalik sekali supaya tidak terlalu berminyak
10- Tiriskan dan dinginkan donat sebelum diberi topping.
11- Topping coklat: potong-potong coklat dan mentega, letakkan di mangkuk. Letakkan mangkuk sebentar di air panas atau letakkan di microwave 900Watt selama 30 detik. Aduk-aduk supaya cairnya rata dan tambahkan sedikit susu cair jika terlalalu kental. Siap digunakan untuk mencelup donat atau dioleskan di atas donat.

No comments