Chocolate Cookies terfavorit sedunia

Dari dulu saya mencoba macam-macam resep chocolate cookies, tapi nggak ada yang sreg. Resep dari amerika selalu jadi cookies yang tengahnya empuk (orang amerika sukanya begitu), sementara saya suka yang krenyes tapi lumer di lidah. Saya juga beberapa kali nyobain resep World Peace cookies-nya Dorie Greenspan alias Korova-nya Pierre  Hermé yang legendaris. Walaupun rasanya enak banget, tapi buat saya terlalu "berpasir" dan kurang lumer di mulut. Saya sampai bolak-balik nyobainnya loh, kirain salah eksekusi; tapi ternyata hasilnya ya memang begitu. Maapin ye mak Dorie dan master Hermé, kurang cocok...

Nah setelah berbagai eksperimen resep, akhirnya dapet deh resep yang paling pas. Yah mungkin agak lebay ya, tapi chocolate cookies ini memang terfavorit sedunia buat saya. Anak-anak pun pastinya suka banget. Kalau sama dengan saya, suka cookies yang crunchy tapi lumer di mulut dan chocolaty banget, wajib nyobain deh.

Resep ini adalah hibrid dari chocolate shortbread yang kaya mentega dan nggak terlalu manis, dengan World Peace cookies/ Korova-nya Pierre  Hermé. Hasilnya pas sesuai keinginan saya, lumer di mulut dan chocolaty buangettt. Pastikan menggunakan mentega (bukan margarin), cocoa powder dan dark chocolate kualitas terbaik, biar cookies-nya spektakuler ya!



Chocolate Cookies terfavorit sedunia

Bahan:

290 gr tepung terigu serba guna

28 gr cocoa powder (saya pakai merk Valrhona)

225 gr mentega suhu ruangan (kalau ruangan panas, pastikan jangan sampai mentega lumer)

80 gr gula halus

1/2 sdt vanilla

70 gr dark chocolate 60-70% cacao dipotong kecil-kecil (bisa juga dicampur dengan milk chocolate)

70 gr kacang almond/ macadamia/ walnut dipotong kecil-kecil

1-2 sdm susu cair (jika perlu) 


Cara membuat:

1- Kocok mentega, vanilla, dan gula halus, selama 3 menit

2- Tambahkan tepung dan cocoa powder, mix dengan kecepatan rendah selama maksimum 30 detik atau dengan menggunakan sendok kayu. Jika adonan terlalu kering, tambahkan 1-2 sdm susu cair.

3- Tambahkan potongan dark chocolate dan kacang, campur dengan sendok kayu

4- Bagi adonan menjadi 4. Gulung adonan membentuk tabung dengan diameter 3 cm. Bungkus dengan plastik dan letakkan di kulkas minimum 2 jam.

5- Setelah 2 jam, panaskan oven ke 165 C.

6- Potong-potong adonan cookies setebal 7 mm, gunakan pisau tipis dan tajam. Kalau ambrol sedikit nggak usah kuatir, bentuk lagi dengan tangan.

7- Letakkan cookies di loyang datar (cookies hanya akan mengembang sedikit).

8- Panggang selama 18-20 menit. Di tengah memanggang, sekitar 10 menit, balik loyang supaya sisi yang dekat pintu oven berpindah ke sisi dalam oven (supaya matangnya rata). 

9- Keluarkan dari oven dan dinginkan di atas rak kawat sebelum disimpan di stoples.

No comments