Harira: Sup Lentil khas Maroko

Makanan Maroko tuh enaknya bukan main. Saya sudah jatuh cinta pada suapan pertama, waktu menyantap couscous hangat, di suatu musim gugur yang dingin di Granada (lo kok di Spanyol? haha)
Lucunya, saat itu saya belum ketemu dengan Mr.Sugar yang punya keturunan maroko dan akhirnya jadi suami saya. Good karma! Walhasil sekarang tiap mengunjungi ibu mertua, saya berharap-harap dia habis masak dan saya dibekelin masakan pulang, hihihi (karena ibu mertua saya masakannya jago bangetttt)

Resep di bawah ini adalah resep sup khas maroko yang penuh gizi lagi enak disantap saat hawa dingin. Sebenarnya, Harira ini secara tradisional adalah makanan buka puasa wajib. Kalau kita manyeruput kolak, mereka menyeruput harira (hadis "Berbukalah dengan yang manis" nggak populer blas di Maroko, hahaha). Saya juga akhirnya belajar masak harira karena nggak tega ngelihat Mr.Sugar makan harira instant buat buka puasa. Tapi sebenarnya, dimakan kapan saja oke lah, karena sarat dengan nutrisi lagi enak...

Oh iya, resep ini saya dapat dari internet dan nggak sama dengan resep ibu mertua. Tapi kata Mr.Sugar, harira versi ini enak banget (kayaknya sih beneran, soalnya makannya ngamuk...)



Harira (untuk 6 porsi)

Bahan:
300gr daging kambing atau sapi (kami lebih suka sapi)
3/4 cangkir batang seledri, diiris kotak (bukan seledri sup tapi seledri besar. Kalau tidak ada, tidak apa-apa, ganti dengan menambahkan wortel)
2 buah wortel besar, dipotong kasar
3/4  cangkir lentil hijau
1 kaleng garbanzo beans/ chickpea (atau 3/4 cup chickpea kering)
100 gr bihun, diremas
1/2 cangkir irisan daun ketumbar (cilantro)
3 buah tomat merah besar, dipotong kotak kecil
2 buah bawang bombay, diiris kotak
1 bawang putih, cincang
1 buah jeruk lemon, diambil airnya saja
7 gelas air
2 sdm mentega

Bumbu:
1 sdt kunyit bubuk (turmeric)
1 1/2 sdt merica hitam bubuk
1/2 sdt kayu manis bubuk (cinnamon)
1/2 sdt jahe bubuk (ginger)
1/4 sdt bubuk cabe (atau sesuai selera pedasnya)
Garam

Cara membuat:
1- Gunakan panci besar. Panaskan panci, tambahkan mentega dan tumis bawang putih dan bombay sebentar.
2- Campurkan daging, cilantro, seledri, wortel dan semua bumbu, lalu tambahkan tomat. Aduk-aduk selama 15 menit, lalu tambahkan garam.
3- Tambahkan air dan lentil. Jika menggunakan chickpea kering, tambahkan chickpea sekarang. Tapi jika menggunakan chickpea kalengan, nanti saja. Tutup panci, lalu masak selama 2 jam dengan api kecil. Jika terlalu kental tambahkan air.
4- Pastikan semua bahan empuk, lalu tambahkan chickpea kalengan dan bihun. Tambahkan 2 butir telur jika suka, aduk. Masak selama 10 menit.
5- Ketika menghidangkan, tambahkan perasan air lemon.
Harira ini makin sedap jika disimpan, tahan di kulkas hingga 1 minggu.




No comments