Wafu Pasta

Orang jepang juga suka makan pasta, tapi pastinya di-tweak sesuai selera mereka. 
Nah, buat yang hobi makan pasta ala Jepang, resep di bawah ini pasti suka deh. Mr.Sugar pun sekarang ketagihan! Bikinnya gampang, 30 menit jadi deh. Resepnya saya contek dari Yuya Kikuchi, chef nya Mitsukoshi restaurant di London.

Untuk jamurnya, bisa pakai shiitake, enoki, atau shimeji, seperti foto di bawah ini. Udangnya bisa digoreng duluan pakai tepung (versi repot) atau dimasak sekaligus seperti di resep ini (versi praktis). Selamat mencoba ya!



Wafu Pasta

Bahan (untuk 2 porsi)
180 g spaghetti
160 g udang
40 g jamur
2 batang daun bawang, diiris halus
150 mL dashi (lihat catatan di bawah)
5 sdm kecap asin
2 sdm mirin (bisa diganti dengan 1 sdt gula pasir)
30 g mentega (bukan margarine ya, please)
1/2 bawang bombay, iris halus
1 bawang putih cincang 

Cara membuat:
1. Didihkan 10 gelas air untuk merebus spaghetti. Setelah mendidih, rebus spaghetti 7-10 menit (hingga kekenyalannya sesuai selera). Tiriskan.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan mentega. Setelah layu tambahkan jamur, baru udang. Lalu tambahkan spaghetti, dashi, kecap asin, mirin. Terakhir baru tambahkan irisan daun bawang dan aduk rata.

Catatan: Dashi adalah kaldu a la Jepang, biasanya dibuat dari rebusan kombu (sejenis rumput laut) dan rautan bonito (ikan tongkol kering). Untuk membuat dashi yang praktis, bisa menggunakan dashi bubuk atau dashi paket (seperti teh celup). Bisa dibeli di supermarket bahan makanan internasional/ jepang. Ini hukumnya wajib untuk membuat wafu pasta, kalau nggak ada ya bukan wafu pasta namanya.


No comments