Butter Pancake

Pagi hari weekend, baru denger ide bikin pancake pun, seisi rumah yang biasanya malas bangun langsung semangat semua. Bocah kecil semangat karena pingin ikut bikin, sementara bapaknya semangat pingin makan..!

Dari beberapa resep pancake yang sudah saya coba, resep ini yang paling maknyus pokoknya. Ya gimana enggak, menteganya buanyak bangeeet... Gak papa lah, kan makannya cuma seminggu sekali. Bikinnya juga gampang, jadi anak-anak bisa ikut partisipasi bikin rusuh, hahaha...

Pancake ini bisa juga dijadikan versi banana pancake (favorit Mr.Sugar, bapaknya anak-anak), pineapple pancake (favorit saya, fresh, pas dipadukan sama pancake-nya yang buttery banget), atau cukup disajikan dengan maple syrup (favoritnya bocah). Oh iya, resep ini hasil akhirnya nggak terlalu fluffy mengembang kayak bantal (saya malah kurang suka yang begitu, selera masing-masing sih ya). Tapi masalah rasa dijamin yummy banget...

Butter Pancake

Untuk 6-8 pancake


Bahan:
130 gr tepung terigu serba guna
4 sdt baking powder
4 sdt gula
Sejimpit garam (tidak perlu jika menteganya sudah asin)
240 mL (segelas) susu hangat
2 butir telur
110 gr mentega
Pisang/ nenas sesuai selera (sekitar 2 pisang besar/ seperempat buah nenas)

Cara membuat:
1- Cairkan mentega lalu dinginkan sebentar. Saya selalu pakai microwave untuk mencairkan mentega biar praktis. Caranya, potong-potong mentega, letakkan di mangkuk, lalu panaskan dengan microwave selama 30 detik (900 Watt). Aduk sedikit jika perlu supaya cairnya rata.
2- Kocok telur lalu campur rata dengan susu dan mentega cair.
3- Campurkan terigu dengan baking powder, gula, dan garam.
4- Campurkan bahan kering dengan bahan cair. Aduk rata sampai adonan halus (adonan ini cair, tidak terlalu kental)
5- Jika mau menambahkan pisang atau nenas, pastikan buahnya sudah masak benar. Iris pisang/ nenas tipis-tipis sekali. Kalau nenasnya sangat berair, lebih baik ditekan-tekan dulu dan ditiriskan supaya airnya berkurang. Campur buah iris dengan adonan.
5- Panaskan pan anti lengket dengan api sedang. Gunakan dua pan supaya masaknya bisa cepat selesai dan rombongan yang sedang menunggu sarapan dengan harap-harap cemas nggak rewel.
6- Pastikan pan sudah panas, lalu olesi mentega/ minyak tipis-tipis dengan kuas.
7- Tuangkan adonan sekitar sesendok minyak sayur. Masak hingga permukaan pancake berlubang-lubang dan tepiannya mulai mengeras.
8- Balik hati-hati dengan spatula tipis dan masak sisi satunya hingga kecoklatan.
9- Sajikan hangat-hangat dengan maple syrup.



No comments