Nasi Kuning Gurih Spesial

Resep ini spesial dan favorit banget, gurihnya pas dan harumnya maksimum. Kalau dibikin pakai kunyit, cocok buat tumpeng. Nggak pakai kunyit, jadinya nasi uduk yang wangi. Bikinnya gampang buanget, yang repot bikin lauknya!
Foto ini saya ambil pas ulang tahunnya anak-anak; saya bikin tumpeng mini dengan lauk a la mak-mak malas, yang rada repot cuma sate ayamnya.Tadinya saya bikin telor balado, terus saya masukin freezer. Eh ternyata baru ngeh kalo telur rebus itu nggak bisa di-freezer sodara-sodara! Setelah di-unfreeze, ternyata putih telurnya jadi bolong-bolong. Gwaaaaa... Akhirnya keluarlah telor dadar goreng...hahaha...

Di rumah, saya selalu bikin pakai takaran di bawah ini, jadinya cukup buat 4 orang. Silakan dikalikan sendiri kalau anggotanya lebih banyak ya komandan!



Nasi Kuning Gurih Spesial

untuk 4 porsi (lapar level medium)

Bahan:
Beras 3 cangkir
Santan 350 mL (saya pakai santan siap pakai)
Kunyit bubuk 1 sdt
Bawang merah 2 siung, cincang
Bawang putih 1 siung, cincang
Sereh, 1 batang
Daun salam, 2 helai
Daun jeruk purut, 2 helai
Pandan, 1 helai
Garam, 1 sdt

Cara membuat:
1- Campur santan dengan semua bumbu
2- Cuci beras hingga bersih, lalu campurkan dengan santan berbumbu. Aduk-aduk hingga rata. Kurangi/ tambahkan santan sesuai dengan jenis beras, jika perlu. Beras yang masih baru biasanya tidak butuh banyak air jadi kalau kebanyakan santan malah hasilnya terlalu lembek.
3- Masak beras dengan api sedang hingga semua cairan terserap dan beras setengah masak.
4- Lanjutkan dengan mengukus beras selama 20-30 menit hingga empuk. Koreksi rasa, tambahkan garam jika perlu.
5- Bisa juga memasak beras dengan rice cooker, tapi hasilnya kurang fluffy alias kurang menul-menul. Entah kenapa rice cooker saya kadang nggak bisa masak nasi bersantan dengan sempurna, jadi saya selalu pakai metode di atas ketimbang gagal.





No comments