Onde Onde

Gara-gara dikirimin buku Homemade Snacks & Desserts ala Xander Kitchen yang isinya resep jajanan indonesia, langsung deh saya kalap pengen nyobain praktek semua. Yaolo, yang ada pegel...Jajanan indo tuh ya, bikinnya ribet bangeeet. Udah gitu, begitu jadi, makannya pun cepet banget pula. Tapi, kadang saya kangen makan jajanan pasar, sekalian juga pingin ngenalin jajanan indonesia sama anak-anak. Sekali-sekali bolehlah, kalo hormon rajin pas lagi berlimpah...!

Resep ini oke banget, pertama bikin pun langsung sukses. Asal, tertib ikutin langkah-langkah dan tips-nya. Kulitnya empuk dan isiannya pun manisnya pas. Cuma, ukuran onde-onde-nya saya modifikasi sedikit dari resep aslinya, karena takaran resep asli jadinya segede bola tenis... hihihi...




Onde Onde


Kulit:
125 gr tepung ketan
30 g tepung terigu
125 mL air hangat
sejumput garam
Biji wijen

Isi:
200 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
150 gr gula pasir
200 mL santan kental
2 lembar daun pandan
sejumput garam

Cara membuat:
1- Kita membuat isian kacang hijau dulu. Tiriskan kacang hijau yang sudah direndam dan kukus hingga masak
2- Campur kacang hijau kukus beserta bahan lain (selain pandan) lalu blender hingga halus
3- Masak di api kecil dengan pandan sampai menjadi adonan licin dan bisa dipulung. Dinginkan, lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan 15 gram.
4- Untuk membuat kulit: campur tepung ketan, terigu, dan garam. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bisa menjadi adonan bisa dibentuk. Air bisa ditambah/ dikurangi sedikit.
5- Ambil kurang lebih 20 gr adonan kulit, pipihkan, lalu beri bahan isian, tutup rapat dan bulatkan.
6- Letakkan biji wijen di mangkuk, lalu gulingkan onde-onde supaya tertutup wijen. Kepal-kepal sedikit supaya melekat.
7- Panaskan minyak banyak supaya onde-onde bisa terendam dan masak dengan cantik. Goreng onde-onde dengan api sedang sambil dibalik-balik. Api jangan terlalu besar, nanti onde-ondenya meletus (nggak kayak bom, tapi isinya bocor keluar hahaha...)

No comments