Babyfood: Bubur Ikan

Si kecil mungil kesayangan sudah dianjurkan makan protein oleh dokter anak mulai umur 6 bulan. Awalnya, cukup 10 gram protein sehari saat makan siang. Setelah 8 bulan, boleh 20 gram, dan mulai 1 tahun bisa ditambah hingga 30 gram. Jumlah protein ini sudah cukup karena, selain makanan padat, si mungil sudah mendapat protein dari susu dan yoghurt (sekarang dia makan satu cup yoghurt setelah makan siang).
Ikan adalah sumber protein yang bagus karena kaya protein essential, termasuk omega-3. Jenis ikan yang paling kaya gizi antara lain adalah salmon, mckerel (temannya tengiri), dan sardin. Hindari ikan yang besar, karena dikuatirkan kandungan mercury-nya tinggi.
Biasanya, saya bikin bubur ikan ini lalu saya timbang sesuai kebutuhan dan dibekukan. Jadi, tinggal di-unfreeze dan dicampur bubur sayur saat si mungil makan siang. Pilihlah ikan yang segar, mulailah dulu dengan ikan berdaging putih. Jika mau menghidangkan salmon, pastikan salmon liar atau organik, karena salmon ternakan banyak mengandung polutan.

Bubur Ikan

Bahan:
100-200 gr daging ikan
Sedikit air

Cara membuat:
1- Bersihkan duri ikan dengan super teliti, lalu potong kecil-kecil.
2- Gunakan panci kecil (makin kecil makin bagus). Tambahkan sedikit air, tutup panci lalu masak dengan api kecil.
3- Setelah mendidih, masak ikan 10 menit.
4- Tunggu dingin lalu haluskan dengan hand blender.
5- Timbang sesuai kebutuhan (sesuai usia bayi). Tambahkan ~5 gram dari kebutuhan karena waktu memasak ikan sudah ditambahkan air. Jika mau dibekukan, bisa menggunakan plastik kecil-kecil untuk membungkus tiap porsinya. Saya menggunakan wadah silikon seperti di foto ini, karena
ngeluarinnya gampang banget.

No comments