Babyfood: Bubur Nasi Merah dengan Bayam dan Wortel

Di Perancis, dokter anak punya pendekatan agak berbeda dengan belahan dunia lainnya. Di sini, mereka nggak segan-segan untuk memperkenalkan makanan padat sejak umur 4 bulan. Tapi, makanan yang dianjurkan cuma dua macam: sayuran dan buah. Baru mulai umur 6 bulan bayi boleh dikenalkan protein (ayam, ikan, dsb) dan karbohidrat. Konon karena inilah, anak-anak di sini doyan banget sayur dan buah, serta tingkat kegemukan rendah.
Makanya, di umur 8 bulan, si kecil mungil saya sudah jago banget makan sayur. Mulai dari yang baunya ajip seperti brokoli dan lobak, sampai yang agak manis seperti wortel dan ubi merah, dia doyan semua.
Untuk membuat makanan bayi, alat andalan saya adalah hand blender. Cukup dengan satu alat ini, semua tipe bahan bisa halus dengan cepat!
Resep di bawah ini cocok untuk bayi yang sudah 1-2 bulan mencoba makanan padat. Bisa dibuat di weekend, lalu simpan di freezer. Jika mungkin, pilih bahan organik!


Bubur Nasi Merah dengan Bayam dan Wortel
(untuk sekitar 4 porsi, masing-masing 120 gr)

Bahan:
Nasi merah 1/2 mangkuk
Wortel besar 3-4 buah
1 ikat bayam, petik daunnya saja

Cara membuat:
1- Cuci beras, lalu tambahkan air hingga mangkuk penuh. Rendam semalam. Beras akan menyerap air dan mengembang. Pada step ini, bisa juga menghaluskan beras mentah dengan hand blender supaya lebih cepat masak (optional)
2- Potong wortel bentuk dadu kecil-kecil supaya mudah masak
3- Masak beras dengan menambahkan sedikit air (cukup sampai beras tertutup air), cukup api kecil saja. Saat beras mulai melunak, tambahkan wortel.
4- Saat wortel sudah mulai melunak, tambahkan bayam.
5- Aduk-aduk, tambahkan air jika perlu. Masak selama 10-15 menit dengan api kecil (jangan terlalu lama supaya nutrisinya tidak rusak. Cicipi, pastikan semua bahan sudah cukup lunak.
7- Setelah masak, dinginkan 10 menit. Lalu haluskan dengan hand blender.

8- Segera sajikan, atau simpan di freezer.

No comments