Spaghetti Aglio Olio e Gamberetti

Aglio Olio artinya bawang dan minyak: ya karena memang bumbunya cuma bawang dan minyak zaitun. Meskipun sederhana, pasta ini termasuk favorit saya dan Mr.Sugar (mungkin karena dia pasrah apapun yang saya masak). Bisa dibilang ini pasta klasik masakan rumah di Itali. Yang penting spaghetti/ pastanya dimasak dengan benar, olive oil  alias minyak zaitunnya dipilih yang kualitas bagus.
Orang Itali dan penduduk daerah mediterania lain sangat memuja olive oil lho. Semua masakan mediterania, mulai dari Perancis Selatan, Spanyol, Itali, Yunani, Turki, Siria, Lebanon, Mesir, Maroko, dsb, menggunakan olive oil sebagai bahan dasar yang tak tergantikan. Kualitas tertinggi olive oil adalah yang extra virgin, artinya dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun tanpa panas serta tanpa menggunakan pelarut.
Kelar ceritanya, sekarang masak yuk. Kebetulan kita pas punya olive oil Venta del Baron yang
dinobatkan sebagai olive oil paling enak sedunia, uhuyyy...

Pasta ini sebentar banget masaknya, kurang dari 30 menit! Saya sih suka menambahkan udang, maka judulnya ada e Gamberetti. Bisa juga dengan ayam atau cukup ditaburi keju parmesan/ parmigiano-reggiano. Sebenernya pasta ini enak banget dibuat versi Indo-nya dengan cabai rawit potongan, tapi kita nggak pakai karena Mr.Sugar baru lihat cabai saja sudah kepedesan.

Spaghetti Aglio Olio e Gamberetti 
(untuk 2 orang)

Bahan:
Spaghetti 160 gr
Bawah putih 2 butir, cincang
Extra virgin olive oil
Udang besar 6-8 ekor, atau udang kecil ~20 ekor
Daun parsley 1/2 ikat, iris kasar

Garam, merica hitam, cabai kering flakes
taburan: keju parmesan atau parmigiano-reggiano

Cara membuat:
1- Didihkan 1.5 L air, tambahkan garam sampai air terasa asin seperti air laut. Masak spaghetti sesuai selera. Orang Itali suka spaghetti-nya dimasak al dente alias masih agak menggigit (sekitar 7 menit), sedangkan kami di rumah suka spaghetti yang lunak (sekitar 12-15 menit). Tiriskan spaghetti dan siram dengan air dingin. Sisakan 1 gelas air rebusan spaghetti.
2- Sambil menunggu spaghetti masak, tumis udang dengan olive oil, garam, dan merica. Cukup sampai udang masak, jangan terlalu lama karena bisa jadi alot. Sisihkan.
3-Panaskan 5 sdm extra virgin olive oil dengan api sedang, lalu tambahkan bawang putih dan masak hingga keemasan (jangan sampai coklat apalagi gosong). Tambahkan irisan parsley lalu masukkan spaghetti. Aduk-aduk hingga bercampur rata, tambahkan merica dan cabai jika suka. Jika terlalu kering, tambahkan sisa air rebusan spaghetti dan olive oil.
4- Sajikan dengan udang dan taburan keju.

No comments