Pasta dengan Creamy Tomato Sauce

Pertama nyobain pasta ini di restoran Itali dekat kantor, huaaaa enaknya.... Cuma, nggak bisa nebak bahannya apa aja. Creamy, lembut ringan dan nggak enek.... Setelah coba sana-sini, nyontek berbagai resep, akhirnya ketemu juga yang pas.
Pasta ini banyak banget tomatnya, kaya vitamin dan antioksidan pastinya. Yang jelas, masaknya cepat dan cocok untuk weekdays pulang kantor. Untuk proteinnya, bisa ditambahkan ayam, udang, atau cumi. Di foto ini saya pakai seafood, yummy banget!



Pasta dengan Creamy Tomato Sauce

Bahan:
160 gr pasta (saya pakai fettucini)
2 tomat merah yang besar, dipotong kecil-kecil, atau 200 gr tomat kalengan
1/2 bawang bombay sedang, dipotong kecil-kecil
1 bawang putih, cincang
1/4 sdt basil kering
1/2 sdt oregano kering
Merica hitam
Extra virgin olive oil
70 mL krim
Parsley atau basil segar
Keju parmesan/ parmigiano-reggiano

Cara membuat:
1- Didihkan 1.5 L air, tambahkan garam sampai air terasa asin seperti air laut. Masak pasta sesuai selera. Orang Itali suka pasta-nya dimasak al dente alias masih agak menggigit, sedangkan kami di rumah suka spaghetti yang lunak. Tiriskan pasta dan sisakan 1 gelas air rebusan pasta.
2-  Jika memakai ayam/ seafood, tumis dulu dengan olive oil, taburi merica dan garam. Tumis hingga masak, tapi jangan terlalu lama karena bisa menjadi alot. Sisihkan.
3- Sambil memasak pasta, buatlah sausnya. Panaskan 4 sdm olive oil lalu tumis bawang putih dan bawang bombay. Tambahkan basil, oregano, potongan tomat, merica, dan garam. Masak hingga air berkurang, lalu kecilkan api, tambahkan krim dan terus masak hingga saus mengental. Tambahkan 1 sdm parutan keju parmigiano-reggiano.
4- Masukkan pasta, aduk-aduk supaya saus tercampur merata, taburi parsley atau basil sesuai selera.
5- Sajikan dengan ayam/ seafood pilihan dan taburan keju.

No comments