Banana cake

Kalau pas lagi punya pisang yang udah hampir kelewat masak, bikin banana cake yuk. Cake ini cocok buat pemula karena gampang tapi hasilnya enak banget.  Untuk jenis pisang, saya pakai pisang cavendish, karena di sini adanya itu aja! Coba kalau pakai pisang raja yang super masak, pasti yummy banget!
Saya udah nyobain beberapa versi resep banana cake. Ada resep yang pakai minyak, ada yang pakai mentega. Kesimpulannya sih, hasilnya mirip-mirip, tapi saya lebih suka mencampur mentega dan minyak, karena hasilnya cake-nya mantap tapi lembut dan moist. Kalau pakai minyak, usahakan jangan pakai minyak goreng sawit, karena itu kan nggak sehat banget (ingat, cake ini udah ada gulanya banyak banget, jangan ditambah unsur merusak lainnya... hahahaha). Gunakan minyak hazelnut atau virgin coconut oil. Kalau nggak ada, ya udah pakai mentega aja, enak banget kok. Jangan margarin ya, please. Margarin mah sama aja dengan minyak sawit, malah lebih parah karena udah dihidrogenasi alias dibikin jadi lemak super jenuh!
Untuk bahan tambahan biar satu level lebih enak lagi, tambahkan kacang. Traditionally, banana cake selalu dipasangkan dengan walnut. Tapi saya kurang suka walnut, karena sering ada rasa tengiknya. Saya lebih suka hazelnut, almond, kacang mede, atau malah potongan kurma. Sesuai kesukaanmu lah. Selamat mencoba ya!

Banana Cake *super gampang*

Bahan:
2 pisang yang masak banget (atau 3 buah, kalau pisangnya kecil)
3 butir telur, pastikan temperatur ruang- nggak dingin
170 gr tepung terigu
170 gr gula pasir
170 gr mentega (atau bisa juga 120 gr mentega dan 50 mL minyak- untuk hasil yang lebih moist)
1 sdt Baking powder
Ekstrak vanili
50 gr hazelnut (atau kacang yang lain)
Loyang: loyang persegi panjang ukuran 23x 65 cm (selisih dikit okay lah. Pilihlah loyang non-stick. lebih praktis dan nggak kuatir cake hancur saat dibalik)

Cara membuat:
1- Sebelum mulai bergerak, panaskan oven ke temperatur 325 F (170 C)
2- Campurkan telur, gula, mentega (dan minyak, jika pakai), tepung, baking powder, dan vanili. Kocok dengan mixer dengan setting rendah, yang penting tercampur. Karena cake ini nggak perlu mekar banget, nggak usah kuatir dengan urutan bahan.
3- Potong-potong pisang dan campurkan dengan adonan di atas, jalankan mixer sebentar supaya pisang hancur kasar.
4- Tambahkan kacang pilihanmu dan aduk dengan spatula dalam adonan
5- Lapisi loyang dengan mentega tipis-tipis, tuangkan adonan
6- Bake di oven selama 1-1.5 jam. Cek dengan tusuk sate untuk memeriksa bagian tengah sudah masak atau belum.


Udah gitu doang... enjoy!!


Loyang persegi panjang yang begini nih

No comments