Pasta dengan Basil & Smoked Salmon

Inilah salah satu ratunya pasta buat ratu rumah tangga (alias istri-istri cakep yang rada pemalas). Karena keliatan canggih, enak banget, tapi sebenernya super praktis. Bikinnya bener-bener nggak sampai 30 menit, udah termasuk cuci piringnya... hahaha. Cocok buat weekday dinner!
Mungkin bahannya agak susah dapat kalau di Indo, tapi kalau cari ke Ranch Market pasti ada lah.
Oh iya, smoked salmon biasanya sudah asin, jadi jangan menambahkan garam lagi ke dalam sauce.

Untuk bikin sauce-nya, saya pakai hand blender Kenwood (cek di sini: Kenwood Hand Blender Triblade) Hand blender ini andalan banget, mulai dari bikin sauce, sambal, sampai makanan bayi. Praktis, karena bagian yang dicuci sedikit banget. Selain itu, kita bisa langsung mixing di panci, bahkan gelas atau mangkok, tanpa menciprat ke mana-mana. Kebetulan hand blender saya Kenwood, tapi banyak banget merk lain yang punya produk serupa.

Pasta dengan Basil & Smoked Salmon
untuk 2 porsi

Bahan:
160 gr spaghetti (atau pasta yang lain)
80 gr smoked salmon, dipotong kecil-kecil
Merica hitam
Sauce:
1 butir bawang putih, dipotong kasar
2 genggam (20 gr) daun basil
20 gr keju Parmesan (atau Parmiggiano-Reggiano, jika ada)
100 mL liquid cream

Cara membuat:
1- Didihkan 1.5 L air. Ketika sudah mendidih, tambahkan garam sampai air terasa asin (ini kunci penting untuk memasak pasta yang enak). Lalu masukkan spaghetti dan masak sesuai selera. Orang Itali suka pastanya al dente alias masih agak keras (7 menit-an), sedangkan kami di rumah suka pastanya benar-benar masak (12 menit-an... walahhhh). Tiriskan pasta dan siram dengan air dingin supaya tidak terlalu lunak. Sisakan 1 gelas air rebusan pasta.
Ini nih, hand blender andalan!
2- Campur bahan sauce lalu haluskan dengan hand blender.
3- Panaskan sauce dengan api sedang. Ketika hampir mendidih, tambahkan pasta dan smoked salmon. Aduk-aduk hingga sauce merata melapisi pasta dan smoked-salmon berubah warna. Jika terlalu kering, tambhakan air rebusan pasta. Tambahkan merica hitam sesuai selera.
4- Hidangkan hangat- enjoy!

No comments