Balado Telur

Dulu, waktu masih tinggal dengan Embah Putri, beliau selalu memasak balado telur kalau lagi ingin memanjakan saya. Bahagia itu sederhana lo, cukup dengan balado telur yang super pedas dengan nasi hangat. Awwww....

Waktu berlalu, ternyata sekarang belahan hati saya (aduh bahasanyaaa) ternyata malah nggak doyan telur. Walhasil, saya memasak telur balado ini kalau saya lagi ingin memanjakan diri, saya bikin super pedas pula. Dia cukup saya suruh order pizza aja deh.... Hahahaha...

Tip: supaya telur mudah dikupas dan mulus, begitu selesai memasak telur langsung rendam dengan air dingin.

Telur Balado



Bahan:
6 butir telur ayam rebus, kupas
minyak secukupnya untuk menumis
1 tomat, cincang
1 sdm air jeruk nipis
2 lembar daun jeruk purut, iris halus

Bumbu halus:
10 cabai merah
5 bawang merah
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Beri keratan pada permukaan telur, lalu goreng sebentar
2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan tomat, daun jeruk, dan air jeruk. Masak sampai matang dan warnanya merah tua.
3. Tambahkan telur. Aduk rata, masak sebentar supaya agak meresap. Tambahkan air jika perlu.

No comments