Cá Kho Tộ (Vietnamese Caramelized Fish)

Saya sempat tinggal selama dua tahun di Vung Tau, sebuah kota pantai yang indah di Vietnam. Kalau ingat masa-masa itu, rasanya selalu kangen pingin balik lagi. Udaranya bersih, orangnya baik-baik, dan makanannya enak-enak serta sehat!

Cá Kho Tộ ini salah satu makanan Vietnam favorit saya: ikan yang dimasak dengan saus manis gurih, dihidangkan dalam mangkuk tanah liat.....hmmm... Dulu sih saya nggak pernah masak sendiri, karena tinggal nyebrang jalan, ada restauran yang masakannya enak banget, Lan Rung (cek website nya Lan Rung)

Nah sekarang, karena sering craving Cá Kho Tộ, akhirnya saya belajar bikinnya deh. Terus terang aja saya udah nyobain berbagai resep sampai akhirnya dapat resep yang pas ini.

Di Vietnam, Cá Kho Tộ selalu dibuat dengan potongan catfish, sejenis lele besar. Tapi karena susah dapatnya, saya coba dengan mckerel (sejenis tengiri) dan hasilnya oke banget. Jenis ikan lain bisa dipakai, asal tidak mudah lembek/ hancur. Supaya ikan bisa terselimuti saus tapi tidak hancur, potong-potong ikan ukuran medium. Saya juga nggak pakai mangkuk tanah liat, karena kompor saya model induksi yang tidak bisa dipakai memasak dengan wadah bukan besi.



Cá Kho Tộ

Bahan:
500 gr ikan ( fillet, atau ikan utuh dipotong-potong)
1 butir bawah putih, cincang
2 butir bawang merah, iris halus
1 cm jahe, diiris halus
Cabai merah/ rawit/ paprika (sesuai selera pedas)
2 sdm minyak goreng
merica bubuk

Saus:
50 mL air kelapa
1 sdm gula pasir
1 sdm kecap ikan
1/2 sdm kecap manis 

Cara membuat:
1- Panaskan wajan beralas tebal, tuangkan minyak goreng dan gula. Pastikan gula terendam minyak. Gunakan panas sedang, masak hingga gula mulai berwarna kecoklatan.
2- Begitu gula sudah mulai berwarna coklat tua, tambahkan bawang putih, bawang merah, dan jahe. Tumis hingga harum.
3- Tambahkan potongan ikan di wajan, balik sekali supaya tercampur. Awas jangan sampai hancur.
4- Tambahkan potongan cabai/paprika
5- Tuangi saus dan masak 20-30 menit hingga saus mengental
6- Segera hidangkan dengan hiasan daun ketumbar dan nasi hangat

No comments