Spaghetti with Rocket & Prawns

Setelah hari yang panjang dan sibuk, paling malas kan masak yang ribet-ribet? Maunya masakan yang cepat, enak, dan tetap sehat (ya iyalahhh). Resep ini cocok banget karena masaknya paling juga cuma 15 menit. Diadopsi dari resepnya celebrity chef Inggris Jamie Olivier.

Daun rocket (bahasa inggris) atau roquette (bahasa perancisnya), sering juga disebut rucola atau arugula, adalah daun dengan rasa khas. Daun ini sangat populer digunakan dalam salad dan masakan mediterania. Daun roquette sangat dihargai di kalangan health expert karena mengandung zat anti kanker, kaya vitamin A dan K, serta asam folat. Di Indonesia, daun roquette bisa ditemukan di supermarket internasional. Kalau susah didapat, mungkin bisa diganti dengan kemangi. Walaupun rasanya bakal berbeda, tapi sama-sama sedikit menggigit dan aromatik.


Spaghetti with Rocket & Prawns
(untuk 2 orang)

Bahan:
180 gr-200 gr spaghetti (tergantung level rasa lapar)
1 butir bawang putih besar, digeprek dan iris tipis
1 sdm pasta tomat kering (bisa diganti dengan 1 buah tomat kecil dicincang)
sejumput cabai kering
1 buah lemon, ambil airnya
100 gr udang kupas
1 mangkok besar daun rocket
Extra virgin olive oil
Merica hitam bubuk

Cara membuat:
1- Didihkan air dengan garam, masak spaghetti selama 7-8 menit sesuai petunjuk kemasan. Tiriskan, simpan sedikit air rebusan.
2- Sambil memasak spaghetti, panaskan olive oil dengan api sedang, masukkan irisan bawang putih. Masak hingga keemasan.
3- Jika menggunakan tomat segar, masukkan sekarang. Masak hingga warnanya merah tua dan hancur. Jika menggunakan pasta tomat kering, begitu ditambahkan langsung ke langkah berikutnya.
4- Tambahkan udang, aduk hingga masak. Jangan terlalu lama, karena udang bisa menjadi alot.
5- Masukkan spaghetti yang sudah masak, tambahkan air lemon, cabai kering, dan merica bubuk. Aduk rata. Jika terlalu kering, tambhkan air rebusan spaghetti.
6- Tambahkan daun rocket. Cukup aduk rata selama 30 detik karena daun rocket mudah sekali masak.
7- Segera hidangkan dengan taburan keju permigiano-reggiano.


No comments