Sapi Lada Hitam

Sapi Lada hitam atau Beef Black Pepper ini salah satu menu favorit banget kalau lagi di restoran cina. Pasti kamu juga suka, kan? Bikin sendiri yuk, gampang banget kok. Dari mulai prep sampai siap saji, paling cuma 30 menit aja. Cocok buat menu andalan saat pulang kantor!

Perhatikan cara memasak daging sapinya, supaya tetap empuk dan nggak alot ya. Saat menumis sayur, pastikan juga penggorengan benar-benar panas. Ini teknik kunci sapi lada hitam yang juicy dan sedaaap....



Sapi Lada Hitam
(untuk 2 porsi)

Bahan tumisan:
Daging sapi 250 gr
1 buah paprika, potong-potong
1 bawang bombay sedang, potong kasar
3 batang daun bawang
1 butir bawang putih, geprek dan cincang
1 sdt lada hitam bubuk
Satu ruas jari jahe, diiris tipis

Bahan marinade:
1 sdt kecap asin
1 sdt kecap manis
1 sdt saus tiram
1 sdt kecap inggris (worchestershire sauce)
1 sdt rice wine/ sherry/ sake (bisa di-skip)
1/2 sdt minyak wijen
1/2 sdt gula
1/2 sdt tepung maizena

Cara memasak:
1- Potong daging sapi kecil-kecil, boleh memanjang tipis atau kubus kecil-kecil
2- Campur bahan marinade, lalu rendam daging sapi selama minimum 15 menit. Tiriskan daging sapi, pastikan tidak terlalu basah. Kalau perlu, tutul-tutul dengan tissue masak. Sisihkan sisa saus marinade.
3- Panaskan penggorengan. Tuangkan 2 sdm minyak goreng, pastikan panasnya tinggi. Tumis daging sapi hingga kecoklatan di luar, tapi masih pink di dalam. Sisihkan. (Ingat: penting sekali memasak dengan panas tinggi dan cepat, supaya daging empuk. Jika sampai ada air menggenang/ mendidih di penggorengan, tandanya daging sapi terlalu basah atau penggorengan/ minyaknya kurang panas)
4- Bersihkan penggorengan dan panaskan hingga benar-benar panasnya tinggi. Tambahkan 1-2 sdm minyak goreng. Tumis bawang putih dan jahe hingga keemasan. Masukkan bawang bombay dan paprika, tumis hingga harum. Tambahkan daging sapi dan merica hitam. Tumis hingga daging cukup masak (1-2 menit). Bisa menambahkan sisa saus marinade.
5- Taraaaa! Siap dihidangkan dengan nasi putih hangat mengepul!
















No comments