Thai Chicken Basil (Gai Pad Krapow)

Konon katanya Gai Pad Krapow ini salah satu street food paling klasik di Thailand. Mungkin mirip-mirip sama mie goreng dok dok di Indonesia lah populernya. Masaknya cepat dan praktis, hasilnya gurih sedap dan pedas habis (tergantung dosis cabenya juga sih). Disajikan dengan sepiring nasi putih hangat, makannya sambil berkeringat dan nangis kepedasan, walhasil nggak kapok malah nambah, hahaha...

Versi asli Gai Pad Krapow biasanya dibuat dengan daging ayam giling. Tapi saya lebih suka ayamnya dipotong kecil-kecil, karena malas nyuci food processor... hahaha... Sebaiknya pilih fillet paha atas, karena lebih juicy ketimbang dada ayam.
Sedangkan untuk memilih daun basil, baca dulu yang berikut. Daun basil yang digunakan di Thailand ada 3 macam: sweet basil (horapha), holy basil (kaphrao), dan lemon basil (maenglak). Rasanya berbeda dan masing-masing digunakan untuk jenis masakan tersendiri. Di Indonesia, lemon basil (maenglak) alias kemangi paling gampang ditemukan. Kadang-kadang kita juga bisa menemukan holy basil (kaphrao) alias selasih. Sedangkan sweet basil (horapha) hanya bisa ditemukan di supermarket internasional (sementara kalau di Eropa/ Amerika justru jenis ini yang paling gampang ditemukan). Untuk Gai Pad Krapow yang autentik, daun basil yang digunakan adalah holy basil (kaphrao) alias selasih. Kalau mau diganti kemangi yang gampang ditemukan, enak juga kok.


Thai Chicken Basil (Gai Pad Krapow)
(untuk 2 orang)

Bahan:
2 fillet ayam (sekitar 300 gr) dipotong kecil atau digiling

1 sdt kecap asin
1 sdt kecap manis
1 sdt gula pasir
2 sdt saus tiram
2 sdt kecap ikan
6 butir bawang putih
cabai merah/ rawit sesuai selera pedasnya
1 ikat thai basil, petik daunnya saja

Cara membuat:
1- Haluskan/ tumbuk bawang putih dan cabai
2- Tumis bawang putih dan cabai dengan minyak hingga harum, lalu tambahkan ayam. Tumis hingga setengah masak, lalu masukkan campuran saus (kecap asin, kecap manis, gula pasir, saus tiram, dan kecap ikan)
3- Lanjutkan tumis hingga ayam masak (jangan terlalu lama nanti ayamnya kering dan alot)
4- Setelah hampir masak masukkan daun basil. Aduk 1-2 menit saja hingga layu.
5- Sudah beres! Sajikan dengan nasi putih hangat.






No comments